1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
9 September 2021 09:59

Dosen tak pernah on camera saat kuliah online, alasannya bikin sedih

Sang dosen tampak menggunakan selang oksigen sambil mengajar. Hapsari Afdilla

Brilio.net - Sudah tak terhitung lagi berapa lama para pelajar melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. PJJ ini juga berlaku bagi mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tenaga pendidik seperti dosen pun memberikan materinya lewat kelas online atau zoom.

Sudah banyak cerita menarik yang terjadi selama kuliah online. Mulai dari yang nyeleneh, lucu, bahkan sampai yang bikin sedih. Seperti kisah yang dibagikan oleh akun TikTok @eccediary berikut ini. Lewat unggahan video, perempuan bernama Nandini Catra Nabilah itu membagikan cerita semasa ia menjalani kuliah online.

BACA JUGA :
Ikuti kelas daring, mahasiswi ini tertidur pulas hingga terjatuh


"Punya dosen yang dari awal perkuliahan ga pernah on cam," tulisnya dengan emoji sedih.

Dalam rekaman video tersebut, Nabilah memperlihatkan suasana kuliah online-nya bersama sang dosen dan teman-teman kelasnya. Saat semua mahasiswa menghidupkan kamera, hanya sang dosen lah yang tidak 'on camera' dan hanya terlihat layar hitam saja.

BACA JUGA :
Unik, majalah sekolah ini berisi tangkapan layar saat kelas online

foto: TikTok/@eccediary

Nabilah juga bercerita bahwa dosennya pernah berkata kepada mahasiswanya untuk mengambil ilmu sebanyak mungkin dan tidak menyia-nyiakan waktu mereka.

"Tapi beliau sempet bilang di pertemuan pertama perkuliahan yang intinya, 'ambillah ilmu sebanyak mungkin dari saya. jangan sia-siakan waktu kalian. Karena mungkin saya tinggal menunggu kapan dipanggil oleh yang Maha Kuasa'," tulisnya dalam video.

Rupanya alasan selama ini sang dosen tidak pernah menghidupkan kamera yaitu karena ia sedang sakit. Hal itu diketahui saat sang dosen tidak sengaja on camera saat kuliah online. Dalam layar tersebut, terlihat dosen bernama Edi Prasetyo Nugroho tampak menggunakan selang oksigen sambil mengajar.

"Ternyata selama ini Bapak Edi sakit," kata Nabilah.

foto: TikTok/@eccediary

"Mungkin ini alsan dari awal Beliau off cam supaya mahasiswanya tidak terfokus pada keadaannya disana. :)," duganya.

"Beliau ga pernah mengeluhkan soal kondisinya dan tetap semangat mengisi perkuliahan. Jujur malu sama diriku yang sehat begini tapi kadang ga semangat buat belajar giat:)," lanjut Nabilah.

Video yang diunggah Rabu (8/9) itu telah disaksikan 2.7 juta kali dan mendapat berbagai respons dari warganet yang memenuhi kolom komentar.

"gabisa kek gini, pengen peluk bapaknya:((( niat banget hey pakk, cepet sembuh," komentar Irene.

"Ko aku sedihhh. smoga bpk dosen nya sehat terus," tulis Olive.

"Pak Edi, Lelahmu jadi saksi. Usahamu jadi bukti. Dalam sakitmu masih sempat mengabdi. Membagi ilmu untuk kami. Terimakasih," ucap Ayom Satrio.

"ya Allah, semoga Allah memberikan kesembuhan untuk Pak edi Prasetyo. semoga banyak dosen yg melihat video ini, supaya tekad kami sekuat Bapak," kata Ira Mirawati.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags