1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
22 Desember 2023 10:40

Curhat TKW di Arab Saudi cuma dapat gaji Rp 4 juta selama kerja, kisah di baliknya bikin iba

Yang ia keluhkan adalah terkait pekerjaannya. Muhammad Rizki Yusrial
Ia bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Kota Dammam, Saudi Arabia.

Lewat akun TikTok @ewikdebok, seorang wanita mengeluh tentang pekerjaannya sebagai TKW. Ia bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Kota Dammam, Saudi Arabia. Kota ini terletak di Provinsi Timur, di tepi Teluk Persia.

BACA JUGA :
Pernikahan berkonsep ala pedang pora low bujet ini kelewat unik, ekspresi pengantinnya jadi sorotan


foto: TikTok/@ewikdebok

Yang ia keluhkan adalah terkait pekerjaannya. Dalam video tersebut ia memperlihatkan bentuk rumah yang memang besar. Wanita tersebut mengaku harus mengurus rumah sebesar itu karena majikannya hanya mengambil satu orang pekerja.

"Rumah segede ini cuma ada 1 babu dan mereka mana tau aku tersinggung dengan omongannya. Karena aku hanya bisa membalas dengan tersenyum," tulisnya di caption.

BACA JUGA :
Momen wanita bagikan penampakan kaki pucat di rumah sakit saat opname ini bikin merinding

foto: TikTok/@ewikdebok

Wanita tersebut bercerita bahwa ia kerap diminta melakukan pekerjaan lain padahal pekerjaan sebelumnya belum selesai. Ia juga mengaku tak ada pilihan selain menuruti permintaan itu.

"Kerjaan banyak sudah biasa. Yang bikin kesel itu cuman pas lagi mengerjakannya madam manggil dengan kata sur'ah (cepat). Padahal belum kelar satu," kata wanita itu di komentar.

Ia juga mengaku sekitar satu jam sekali harus membersihkan toilet karena majikannya itu pengen rumah yang bersih. Banyak netizen yang mempertanyakan kesabaran wanita tersebut. Apalagi menurut pengakuannya ia hanya digaji sama seperti Pekerja Rumah Tangga di Jakarta.

"Gajiku uang indo 5 kurang 200 (4,8 juta rupiah). Aku malah lihat video TikTok orang di Jakarta sama Bali baby sitter gajinya hampir 6 juta," tulis wanita tersebut.

foto: TikTok/@ewikdebok

Banyak netizen yang mempertanyakan mengapa gaji TKW sangat kecil di Arab Saudi, wanita tersebut pun menjelaskan bahwa sebenarnya majikan membayar mahal untuk pekerjaan rumah tangga. Angka tersebut sekitar 15 juta rupiah. Namun uang tersebut diserahkan dulu ke kantor tempat TKW bernaung. Dan ia mengaku bahwa hanya menerima 4,8 juta saja.

Video ini pun viral dan mengundang perhatian netizen. Banyak yang mengatakan bahwa di beberapa tempat juga demikian. TKW harus mengurus rumah besar dan bekerja seorang diri. Selain itu banyak juga yang memberi ibu semangat agar ia tetap tegar dalam bekerja.

"Sama teh aku di sini lantai 3 rumah besar aku sendiri," tulis akun @user7729585128455

"Nggak kebayang kalau pas bulan puasa pasti kerjanya full extra yakan," kata akun @ekanurkholin

"Saudi mah biasa rumah gede pembantu 1 tapi selesai juga kerjaan. Lah di Dubai rumah kecil pembantu 2 kok aku sibuk terus," ujar akun @delimamerah828 membandingkan.

foto: TikTok/@ewikdebok

Dari video tersebut diposting hingga artikel ini ditulis, akun @ewikdebok sudah menghimpun 187.600 penonton.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags