1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
29 Februari 2016 17:23

13 Patung keren di berbagai daerah ini justru dirobohkan, kenapa ya?

Patung ini padahal sangat eksotis. Muhammad Zufar

Brilio.net - Patung memang sengaja dibuat untuk simbol sebuah kearifan yang diusung masyarakat setempat. Di samping itu, patung merupakan karya seni tinggi dari hasil olah pikiran seorang seniman. Meski begitu, sebuah patung atau hasil karya seni juga tidak bisa lepas dari kontroversi karena sebagian masyarakat gagal memahami maknanya. Jika kontroversi semakin kuat maka bisa diprediksi patung ikonik tersebut akan segera dirobohkan.

Nah, berikut brilio.net menghimpun 12 patung yang pernah dirobohkan di Indonesia, Senin (29/02):

1. Patung Akar Manusia, Yogyakarta

BACA JUGA :
30 Patung kertas terbaik dunia karya Calvin Nicholls, menakjubkan!


Patung Akar Manusia di titik nol kilometer, Yogyakarta, dirobohkan oleh sekelompok orang karena dinilai mengandung unsur pornografi. Meski peristiwa itu ditentang oleh hampir semua kalangan seniman, namun perobohan patung tersebut tetap dilakukan.

2. Monumen Coen, Jakarta

Tidak diketahui secara pasti tahun berapa patung ini pertama kali dirobohkan. Patung itu sendiri didirikan oleh pemerintahan Belanda sebagai ikon ibu kota pemerintahannya di Indonesia, Batavia.

3. Patung Wisnumurti, Bali

BACA JUGA :
11 Patung manusia ini ternyata terbuat dari stocking, unik!

Patung Wisnumurti dirobohkan oleh pemerintah kabupaten setempat untuk digantikan dengan Patung Soekarno. Namun, masyarakat justru protes agar pemerintah merelokasi Patung Soekarno ke tempat lain dan mengganti kembali dengan patung Wisnumurti.

4. Patung Jayabaru, Sidoarjo

Patung Jayabaru hanya bisa bertahan seumur jagung. Tidak lama dari peresmiannya, patung ini digugat oleh sekelompok orang karena dinilai sebagai berhala yang bisa merusak. Patung yang berjumlah 9 ini sebenarnya dibuat untuk melambangkan 9 profesi dari masyarakat Sidoarjo, termasuk profesi petani dan pedagang.

5. Patung Bima, Purwakarta

Perobohan Patung Bima di Purwakarta ini cukup panas kontroversinya. Sekelompok orang merobohkan patung Bima bersamaan dengan 3 patung lainnya.

6. Patung Gatot Kaca, Purwakarta

Seperti halnya patung Bima, Patung Gatot Kaca juga dirobohkan kelompok masyarakat tertentu dengan alasan merupakan simbol berhala.

7. Patung Semar, Purwakarta

Setelah patung Bima dan Gatot Kaca, giliran Patung Semar juga ikut dirobohkan.

KLIK NEXT UNTUK MELIHAT PATUNG LEBIH KEREN YANG JUGA DIROBOHKAN!

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags