1. Home
  2. ยป
  3. Cinta
14 Februari 2019 18:07

Tak hanya Valentine, ini 10 peringatan hari kasih sayang di dunia

Tidak semua negara mengenal hari kasih sayang dengan sebutan Valentine. Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Februari bisa disebut sebagai bulan kasih sayang, sebab bertepatan dengan hari Valentine. Valentine jatuh pada 14 Februari. Di Amerika Serikat, hari kasih sayang ini dirayakan pertama kali pada 1700-an. Setelah itu hari Valentine berubah menjadi perayaan cinta. Di hari Valentine, pasangan mulai bertukar hadiah, kartu, bunga, dan makan malam yang romantis.

Seiring dengan adanya hari Valentine, seluruh toko dibanjiri suka cita. Mereka mulai menyediakan permen, cokelat, dan boneka binatang. Rak-rak toko mulai penuh dengan boneka beruang dan sekotak cokelat khas Valentine.

BACA JUGA :
Gaya 5 pasang seleb pemotretan tema Valentine, romantis abis


Namun tidak semua negara mengenal hari kasih sayang dengan sebutan Valentine. Ada beberapa tradisi di dunia untuk merayakan hari kasih sayang selain Valentine. Brilio.net sudah merangkum hari kasih sayang selain Valentine dari berbagai sumber, Kamis (14/2).

1. Tu B'Av.

BACA JUGA :
10 Meme lucu 'Valentine gagal' ini bikin jomblo ketawa senang

foto: myjewishlearning

Tu B'Av adalah peringatan hari kasih sayang yang diadakan di Israel. Tu B'Av dirayakan pada 15 Agustus. Hari kasih sayang yang ada di Israel ini dimulai pada zaman Al-Kitab, wanita lajang akan mengenakan pakaian putih dan menari di kebun anggur pada awal musim panen anggur. Saat ini Tu B'Av (yang biasanya terjadi selama musim panas) lebih cenderung dirayakan seperti Valentine, dengan cokelat dan bunga, bukannya menari di kebun anggur.

2. Dia dos Namorados.

foto: oguiadadiversao

Dia dos Namorados adalah hari kasih sayang yang diadakan di Brasil. Perayaan ini dirayakan dengan cara yang sama dengan Valentine, hanya pada tanggal berbeda. Dia dos Namorados dirayakan pada 12 Juni. Alasannya karena pada tanggal itu jatuh pada malam Hari St. Anthony's, seorang santo pelindung pernikahan.

3. White Day.

foto: wikipedia

Acara kasih sayang White Day dilakukan di Korea Selatan. White Day adalah hari kasih sayang yang melambangkan balas budi cinta. Pada hari Valentine Februari, wanita Korea Selatan akan memberikan cokelat kepada pria. Kemudian pada acara White Day yang jatuh pada 14 Maret, pria akan membalas kebaikan sang wanita.

4. Friends Day.

foto: cntraveler

Friends Day adalah peringatan hari kasih sayang yang diadakan di Finlandia. Kasih sayang tidak diberikan kepada kekasih saja tetapi juga ke sahabat. Friend's Day atau Ystvnpiv (Bahasa Finlandia) juga dirayakan pada 14 Februari. Friends Day mulai berlangsung sejak 1980-an. Saat itu orang akan memberikan kartu, permen, dan bunga kepada teman yang mereka sayangi.

5. Saint Jordi's Day.

foto: spain.info

Hari kasih sayang Saint Jordi's Day diadakan di Spanyol. Saint Jordi's Day sangat populer di Barcelona dan wilayah Catalonia. Saint Jordi's Day dirayakan pada 23 April. Acara ini diyakini ada sejak abad pertengahan. Pada saat itu pria akan memberikan bunga mawar ke kekasihhnya. Namun seiring perkembangan zaman, wanita sekarang juga memberikan buku-buku untuk pria.

6. Dragobete.

foto: rolandia

Dragobete diadakan pada 24 Februari di Rumania. Dragobete dimulai sebagai perayaan musim semi. Menurut salah satu dongeng, anak laki-laki dan perempuan akan menghabiskan hari di hutan mengumpulkan bunga, kemudian gadis-gadis itu berlari pulang saat matahari terbenam. Anak laki-laki akan mengejar gadis yang mereka sukai, menangkap, mencium, kemudian mengumumkan pertunangan mereka ke desa. Namun saat ini Dragobete dianggap sebagai hari Valentine biasa.

7. Qixi Festival.

foto: scmp

Qixi Festival adalah perayaan hari kasih sayang di China. Acara ini jatuh pada hari ketujuh dari bulan ketujuh lunar setiap tahun. Selama Qixi berlangsung, wanita muda menyiapkan persembahan melon dan buah-buahan lainnya untuk Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik. Pada malam hari, orang-orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang-bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang).

8. Lantern Festival.

foto: chinesenewyear

Lantern Festival atau festival lentera dianggap sebagai hari kasih sayang di Hong Kong. Peringatan ini dirayakan pada 22 Februari. Di malam hari, seorang masih lajang membawa lentera berjalan di malam hari. Salah satu tradisi adalah bagi pasangan untuk mengunjungi kuil dan berdoa untuk Dewa Pernikahan Yue Lao.

9. Lupercalia.

foto: pinterest

Hari kasih sayang Lupercalia diadakan di Afrika Selatan. Sama seperti Valentine pada umumnya, Lupercalia ditandai dengan bunga, cokelat, festival, dan lain sebagai. Lupercalia juga diadakan pada 14 Februari. Saat Lupercalia, wanita akan menyematkan nama kekasih atau pria yang disukai di lengan baju. Supaya pria dapat melihat hati wanita melalui lengan baju.

10. St. Dwynwen's Day.

foto: siopcwlwm

St. Dwynwen's Day diadakan di Wales pada 25 Januari. St. Dwynwen's Day memiliki sejarah panjang. Konon ada wanita bernama Dwynwen jatuh cinta pada seorang pria yang tidak bisa dinikahinya karena dirinya sudah bertunangan. Dwynwen kemudian pasrah dan menyerahkan dirinya kepada Tuhan. Untuk mengenang Dwynwen, beberapa pasangan datang untuk ziarah ke gereja.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags