Brilio.net - Sebanyak 14 mahasiswa Pascasarjana Program Studi Agama dan Resolusi Konflik, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada kamis (24/12), mengikuti ibadah Malam Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Margoyudan, Solo, Jawa Tengah. Rombongan mahasiswa UIN Yogyakarta ini terdiri dari 6 pria dan 8 wanita.

Muhammad Abduh Lubis (22), salah satu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang turut serta mengaku saling menyapa dan bersalaman dengan para jemaat di sana. Mereka juga sempat melaksanakan salat berjamaah di salah satu ruangan gereja.

"Kami Salat Magrib dan Isya di salah satu ruangan yang ada di GKJ. Setelah ibadah Malam Natal, kami makan bersama antara mahasiswa UIN dengan jemaat dan pendeta GKJ," kata Abduh kepada brilio.net, Jumat (25/12).

Lebih lanjut, dia menyatakan kedatangannya atas inisiatif sendiri. Mereka ingin mengetahui secara nyata kegiatan perayaan Hari Natal di gereja.

"Dalam rangka mencoba mengetahui posisi kami sebagai pemerhati, pengamat dan sekaligus sebagai seorang yang berkecimpung dalam perdamaian agama. Pendeta GKJ Mergoyudan, Wahyu Nugroho merupakan salah satu dosen di UIN Sunan kalijaga yang mengajar tentang teks Alquran dan Al Kitab," pungkas dia.