Brilio.net - Pernahkah kamu mendengar bahwa kucing memiliki 9 nyawa? Apakah kamu memercayainya? Hal ini didasari oleh fakta seekor kucing mampu melompat dari gedung tinggi namun ternyata tetap hidup. Konon, di Mesir kuno, kucing merupakan hewan yang disucikan. Kucing dipercaya sebagai hewan istimewa karena diyakini memiliki kemampuan supranatural. Anggapan ini masih lekat di kalangan masyarakat hingga saat ini. Benarkah bahwa setelah jatuh kucing sempat mati kemudian hidup lagi?

Dikutip brilio.net dari Sains Bro jika tidak benar kucing memiliki banyak nyawa, Sabtu (28/11). Kemampuan kucing untuk membuat tubuhnya baik-baik saja setelah melompat dari bangunan tinggi merupakan dasar argumen tersebut.

Kucing memiliki sistem keseimbangan yang baik dan dapat memosisikan dirinya menapakkan kaki terlebih dahulu setiap kali jatuh. Etienne Jules Marey pernah meneliti proses jatuhnya kucing ini. Jika mamalia ini jatuh dalam posisi terbalik maka dia akan sadar dan mampu segera memosisikan kaki di bawah.  Ketika hampir menyentuh tanah, kaki kucing akan meregang. Lalu ketika menempel tanah, kakinya ditekuk untuk mengurangi kecepatan jatuh.

Diketahui pula, kucing memiliki kecepatan jatuh sebesar 100 km/jam, berbeda dengan manusia yang kecepatan jatuhnya sebesar 200 km/jam. Kaki panjang dan berotot kucing dapat berperan sebagai pegas yang siap untuk menahan jatuh dari ketinggian gedung.

Selengkapnya kamu bisa tonton video ini: