Brilio.net - Salah satu program untuk warga desa di Sumedang yang digagas oleh Rumah Imperium adalah Kelas Menulis, yaitu program pelatihan menulis artikel, jurnal, dan buku. Reza Zaki sang nakhoda Rumah Imperium menyebut, program ini dilengkapi dengan materi menulis artikel opini, menulis kolom, menulis resensi buku, teknik edit tulisan, strategi memuat tulisan di koran, buku, dan jurnal. Program ini dapat diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan umum.

Outputnya sudah nyata, yaitu lahirnya penulis yang kerap mengisi kolom-kolom di media lokal setempat semisal Sumedang Ekspress, Radar Sumedang, serta Sindo Jabar.

"Dulu kolom-kolom opini sepi, tapi sekarang dengan adanya kelas menulis ini, dengan pesertanya rajin ngirim tulisan, media jadi hidup lagi. Bahkan mereka minta kita ngisi terus," tutur alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, saat berbincang dengan brilio.net beberapa waktu lalu.

Rumah Imperium juga berperan dalam pembuatan website desa ganeas yang berdomain desa.id. "Ini website desa pertama di Sumedang yang berbasis desa.id, program 1.000 website desa yang sudah dilirik menkominfo," aku Zaki.

Rumah Imperium kini telah mendapat penghargaan dari Nutrifood dan British Council. Keren dan menginspirasi banget ya?

BACA JUGA INI:

Siswa SMK bisa ciptakan printer 3D berbahan akrilik, brilio!

Demo ini tak perlu kirim massa ke jalan, cukup pakai hologram

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hindari minum teh pada momen-momen berikut ini

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Nggak melulu buruk, ini 5 manfaat baik rokok yang perlu kamu tahu