Brilio.net - Unjuk rasa biasanya lekat dengan mobilisasi massa yang turun ke jalan atau orasi di depan gedung pemerintahan. Tak jarang pula demonstrasi berujung bentrok dengan aparat kepolisian. Jika sudah begini, aspirasi yang hendak disampaikan tentu akan sia-sia dan hanya mengganggu ketertiban umum.

Sebagai negara demokrasi, rakyat Indonesia memang memiliki hak dan kebebasan untuk mengutarakan pendapat, termasuk melalui unjuk rasa. Untuk mencegah aksi kericuhan selama demo, tidak ada salahnya jika meniru aksi brilio para aktivis asal Spanyol berikut ini.

Gedung Parlemen di Spanyol memang terkenal ketat terhadap aksi protes dan unjuk rasa. Kamu bisa langsung diciduk aparat kepolisian jika tidak mematuhi aturan atau mengadakan demo tanpa mengantongi surat izin kepolisian.

Nah, untuk mencegah bentrok dengan aparat, para aktivis dari Hologramas por la Libertad punya solusi cerdas. Seperti namanya, mereka menggelar demonstrasi hologram untuk menyuarakan aksi mereka, pada Selasa (14/4).

Orang di seluruh dunia diundang untuk merekam video atau suara yang akan diubah menjadi hologram berbaris di depan Parlemen Spanyol. Jika kamu tidak diizinkan untuk berdemo dengan mengerahkan massa, kamu masih bisa melakukan unjuk rasa dengan ilusi optik.

Sayangnya, teknologi ini hanya bisa bekerja di malam hari. Namun dengan bantuan teknologi ini, setidaknya masyarakat akan terbantu dalam menyampaikan pendapat dan suara mereka kepada wakil rakyat.

VIDEONYA:

Hologram protest in Madrid against the Gag Law. "As we can't protest as free citizens, we protest as free holograms." pic.twitter.com/mjE9j4SBNe

— Giedre P. (@GiedreP) April 10, 2015 " />

 

BACA JUGA:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hindari minum teh pada momen-momen berikut ini

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Nggak melulu buruk, ini 5 manfaat baik rokok yang perlu kamu tahu