Brilio.net - Dunia IT memang sudah tidak asing lagi bagi Bayu Sulistyo Subyantoro (34). Sejak duduk di bangku kelas 2 SD dia punya ketertarikan besar mempelajari dunia IT. Kebetulan Ayah Bayu adalah seorang programmer membelikan seperangkat komputer untuknya.

Walau begitu Bayu tidak pernah mengenyam pendidikan IT secara formal. Dia jebolan jurusan Arsitek Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dunia IT dia pelajari secara otodidak, namun berkat ketekunannya dia berhasil mendirikan Hicca Studio pada tahun 2011 yang hingga saat ini telah memperoleh banyak penghargaan.

Hicca telah menghasilkan animasi 3D interaktif mulai dari TV series hingga Layar Lebar dengan pipeline professional yang mampu bersaing internasional. Animasi ini dapat disaksikan secara gratis pada channel Uwa and Friends di Youtube. Selain itu, Hicca Studios juga memiliki aplikasi interaktif mobile dengan total 27 di Google Play dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Lebih lanjut Bayu mengatakan Hicca Studios menciptakan karakter Uwa and friends Indonesia yang diproyeksikan sekuat Mickey Mouse. "Karakter ini merupakan karakter satwa asli Indonesia. Yang bertujuan agar anak-anak mengenal satwa Indonesia dan turut menjaganya," ucap Bayu kepada brilio.net Selasa (2/9)

Selain itu Bayu juga merasa prihatin dengan langkanya lagu anak-anak zaman sekarang. Keprihatinannya semakin besar ketika banyak anak-anak kecil yang hapal lagu orang dewasa yang bertemakan patah hati, perselingkuhan, dan lain sebagainya.

Melalui Android dan IOS, atas dasar ide Bayu bersama Hicca Studio, dirinya telah meluncurkan aplikasi lagu anak LAGU ANAK INDONESIA INTERAKTIF untuk lagu Bahasa Indonesia dan KIDS SONG INTERACTIVE untuk lagu berbahasa Inggris.

"Lagu dan menyanyi itu memberikan pengaruh besar bagi perkembangan anak, ketika mereka mendengar lagu yang sesuai umur mereka pun nantinya dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi, serta memaksimalkan fungsi otak," lanjut bapak satu anak ini.

Dalam perjalanannya pun Bayu sudah menyabet banyak penghargaan baik nasional maupun internasional antara lain Kuldesak Award 2002 Spesial Mention, Konfiden Award 2002, VAB Award 2003, Festival Film Animasi Indonesia 2005, Indigo Award 2009, JENESYS Progranne for Creators Japan Foundation 2012, Increfest Award 2012, Shell livewire Award 2012, Diplomat Success Challenge 2012, Solo Marketeers Youth Startup Icon 2013, Indonesia Youngster Inc Champion 2014.