Brilio.net - Pilkada 2015 tinggal menghitung jam. Pilkada yang rencananya dilaksanakan pada 9 Desember 2015 ini akan memilih wali kota, bupati dan gubernur. Berbagai politisi pun ikut meramaikan pilkada kali ini, tak ketinggalan para artis sekalipun.

Ya, bukan hal baru lagi para artis beramai-ramai terjun ke dunia politis. Sejak tahun 2010-an jumlah artis yang mengikuti bursa pemilu memang meningkat tajam. Tak jarang bahkan dari mereka rela meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkannya demi sebuah jabatan. Lalu siapa sajakah mereka? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Pasha Ungu

Artis-Artis ini calonkan diri dalam pilkada 2015, siapa saja mereka?

Pemilik nama lengkap Sigit Purnomo Said ini mendaftar sebagai calon wakil wali kota Palu, Sulawesi Tengah mendampingi Hidayat yang sebelumnya menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Tengah. Pasangan Hidayat-Pasha didukung oleh PAN dan PKB. Mereka akan bersaing dengan dua pasangan calon lainnya yakni Hadiyanto Rasyid - Wiwik Jomiatul dan Yanti Ponulele - Tamrin Samuna.

2. Helmy Yahya

Artis-Artis ini calonkan diri dalam pilkada 2015, siapa saja mereka?

Dua kali kalah dalam pilkada sebelumnya tak membuat seorang Helmy Yahya kapok. Pria kelahiran 6 Maret 1963 ini kembali mencalonkan dirinya dalam pertarungan pilkada Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan berpasangan dengan Muchendi Mahzareki. Pasangan ini didukung oleh PAN, PKB, Gerindra, Nasdem dan Partai Demokrat.

Baca juga:

10 Perceraiana artis ini drama abis, bikin penonton geregetan

20 Gaya jetset liburan artis Indonesia ke luar negeri

12 Artis cantik ini memilih menikah di usia muda, kamu kapan?

3. Zumi Zola

Artis-Artis ini calonkan diri dalam pilkada 2015, siapa saja mereka?

Karier mantan pesinetron Zumi Zola memang berjalan cukup mulus. Sebelumnya dia terpilih sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi periode 2011-2016. Pilkada 2015 kali ini Zumi kembali maju memperebutkan jabatan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jambi. Pria berumur 35 tahun ini didampingi oleh Fachrori Umar dan diusung oleh PAN, Nasdem, Hanura, PKB dan PBB.

4. Miing Bagito

Artis-Artis ini calonkan diri dalam pilkada 2015, siapa saja mereka?

Pelawak yang memiliki nama asli Dedi Suwandi Gumilar ini juga tak ketinggalan meramaikan pilkada 2015 setelah sebelumnya berhasil duduk menjadi anggota DPR periode 2009-2014. Dia maju menjadi calon wakil bupati Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dia mendampingi calon bupati H. Marjuki yang diusung PDIP, Hanura dan PBB.

5. Maya Rumantir

Artis-Artis ini calonkan diri dalam pilkada 2015, siapa saja mereka?

Mantan artis Maya Rumantir juga ikut meramaikan pilkada kali ini dengan maju sebagai calon gubernur Sulawesi Utara didampingi oleh Gleny Kairupan. Keduanya diusung oleh partai Gerindra dan Demokrat. Maya sendiri sebelumnya telah mengikuti pemilu legislatif 2014 dan berhasil lolos menjadi anggota DPD RI periode 2014-2019.