Brilio.net - Di dalam hidup ini banyak sekali perbedaan. Salah satunya perbedaan di dalam cara memandang pekerjaan. Nah, maka dari itu ada pekerjaan yang dianggap sangat prestisius dan ada pekerjaan yang dianggap sepele. Masalahnya, pekerjaan yang dianggap sepele ini ternyata perannya sangat vital.

Apa pekerjaan yang tak terduga tersebut? Berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (14/):

1. Tukang parkir

Walaupun pekerjaannya mengatur dan menata kendaraan yang berhenti tapi perannya cukup vital. Bayangkan seandainya tanpa tukang parkir pasti kendaraanmu tidak bakal aman. Hanya saja beberapa orang tidak menyadari fungsi ini dan justru menganggap mereka sewenang-sewenang dalam memarkir kendaraan.

2. Tukang kebun

Tukang kebun juga vital perannya. Terutama di kota-kota yang memiliki ruang publik berupa taman. Peran tukang kebun adalah melestarikan, merapikan, bahkan memperindah tanaman-tanaman yang ada di taman kota. Sebab, namanya ruang publik pasti didatangi banyak orang dan kebanyakan hanya ingin menikmati keindahannya. Itulah mengapa ada tukang kebun di sana.

3. Tukang sapu jalanan

Sama seperti tukang kebun, tugas tukang sapu jalanan adalah membersihkan jalanan dari kotoran-kotoran. Fungsi ini tentu sangat vital, mengingat pada umumnya jalanan-jalanan selalu berdampingan dengan selokan. Jika saja kotoran di jalanan tidak selalu dibersihkan, pastilah kotoran itu lama-lama akan menyumbat aliran air di selokan.

4. Tukang siram tanaman

Tukang siram juga sangat penting untuk menjaga kelestarian bunga di taman kota. Tugas tukang siram tanaman adalah menyiramkan air secara tertib, terutama di musim kemarau, agar tanaman tetap tumbuh subur.

5. Tukang fogging

Tukang fogging (penyemprot asap obat anti serangga) juga tidak kalah penting, terutama di musim-musim tertentu di mana banyak penyebaran nyamuk malaria serta hewan serangga berbahaya lainnya. Di musim hujan mereka sangat dibutuhkan untuk membasmi nyamuk-nyamuk pembawa penyakit.

6. Tukang semir dan sol sepatu

Barangkali saat ini sudah jarang dijumpai tukang semir dan sol sepatu. Namun sebenarnya fungsi mereka cukup vital bagi beberapa kalangan yang selalu menjaga penampilan.

7. Tukang koran

Tukang koran tak pernah lupa mengantar harian buat kamu. Setiap pagi, kamu yang berlangganan baka mendapat lemparan koran di depan rumah. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai mereka di perempatan atau di toko koran.

8. Penjaga palang pintu kereta api

Palang pintu kereta api sangat berbahaya jika tidak diawasi. Peraturan di negeri ini mengatur laju kereta api harus didahulukan dibanding alat transportasi darat lain. Namun pada pelaksanaannya ada saja kendaraan yang tetap nekat melintasi rel kereta api.

2 dari 2 halaman

9. Tukang cukur

Tukang cukur saat ini sudah banyak yang dikelola secara lebih menarik dan menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Merebaknya tren gaya rambut yang memiliki tingkat kerumitan tinggi menarik minat pelaku usaha menyediakan jasa membentuk tatanan rambut sesuai keinginan.

10. Tukang urut

Tidak semua sakit dapat sembuh dengan cepat secara medis. Contohnya keseleo, pegal, kecapaian dan lain sebagainya mudah sembuh jika ditangani tukang urut.

11. Satpam

Satpam bertugas untuk menjaga keamanan di lingkungan tertentu. Oleh sebab itu satpam memiliki kemampuan teknik dasar pengamanan untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan ringan.

12. Takmir masjid

Keberadaan takmir masjid sangat vital di perkotaan. Berbeda di kampung yang secara bersama dirawat masyarakat, masjid di perkotaan lebih menyerahkan fungsi ini kepada takmir. Mereka diserahi tugas menjaga kebersihan, mengumandangkan adzan, mengorganisir acara keagamaan dan sebagainya.

13. Tukang cuci kendaraan

Tukang cuci kendaraan kelihatannya sepele, tapi mereka sangat kamu butuhkan. Apalagi saat musim hujan kendaraan butuh kebersihan yang ekstra. Karena kebersihan kendaraan adalah cerminan diri kamu.

14. Tukang tambal ban

Kehadiran tukang tambal ban sangat penting ketika ban kendaraanmu bocor. Apalagi musibah itu terjadi saat malam dan di jalanan yang sepi.

15. Tukang cuci piring

Tukang cuci piring dibutuhkan banyak rumah makan. Apalagi jika pengunjung yang makan sedang ramai-ramainya.