Brilio.net - Saat ini sudah banyak orang yang mulai menyukai profesi sebagai penulis. Karena selain menulis adalah sebuah hobi, juga bisa menjadi ladang rezeki dari kemampuan yang dimilikinya tersebut. Selain itu profesi sebagai penulis bisa menjadi pekerjaan utama atau menjadi sampingan di sela-sela menjalani rutinitas pekerjaan utama, lho.

"Saya pernah mengirimkan cerpen ke salah satu koran di Jogja. Lumayan ya ternyata, cerpen saya dihargai Rp 200.000," ujar Novi, seorang mahasiswi perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang juga seorang penulis freelance, kepada brilio.net, Jumat (4/12).

Kamu yang mempunyai hobi menulis patut mengembangkan bakatmu. Siapa tahu kamu bisa menjadi seperti beberapa penulis di bawah ini yang bukunya pernah terjual luar biasa di pasaran.

Siapa sajakah mereka? Berikut adalah penulis-penulis yang bukunya pernah menjadi buku terlaris di pasaran, yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (4/12).

1. Andrea Hirata

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: cikalnews.com

Andrea Hirata adalah penulis sukses best seller Laskar Pelangi dan beberapa buku lainnya seperti Sang Pemimpi, dan Maryamah Karpov. Andrea menjual lebih dari 600.000 copy eksemplar bukunya dan dengan total keuntungan lebih dari Rp 3,6 miliar saja dalam satu judul Laskar Pelangi. Bila ditambah dengan beberapa bukunya yang mencetak best seller, mungkin bisa kamu bayangkan sendiri berapa penghasilan pria asal Belitung tersebut. Bonus tambahannya ia menjual karyanya dengan harga 25 juta untuk difilmkan. Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

2. Mira W

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja?

foto: tokohindonesia.com

Penulis yang paling produktif dalam 20 tahun terakhir dengan buku-buku fenonemalnya seperti Cinta Sepanjang Amazon, juga merupakan penulis yang memiliki buku dengan penjualan terlaris. Mira W. melahirkan lebih dari 20 novel best seller yang diperkirakan memberikan keuntungan lebih dari Rp 2 miliar dari bukunya tersebut. Ia juga aktif menjual karyanya ke film dan layar lebar.

3. Dewi 'Dee' Lestari

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: alandakariza.com

Dee adalah salah satu penulis yang cukup fenomenal. Kehadiran Supernova-nya yang terkesan “rumit” banyak digemari penikmat sastra di Indonesia. Supernova Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh, Supernova Petir dan Supernova Akar mampu menyaingi novel-novel teenlit dan Chiklit yang marak kala itu. Dee mampu membuktikan bahwa tulisan yang berkualitas dapat juga diapresiasi dengan baik.

Konon Dee dikabarkan mengantongi lebih dari Rp 1,5 miliar dari seluruh novelnya yang kebanyakan menjadi best seller.

4. Raditya Dika

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: maxmanroe.com

Raditya Dika memulai karirnya sebagai seorang blogger. Radit berhasil menempatkan dirinya sebagai penulis terkaya di Indonesia lewat novel Kambing Jantan-nya yang fenomenal. Walau film adapatasi novelnya gagal di pasaran, tapi buku-bukunya tetap menjadi terfavorit dan mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 500 juta.  Pria yang pernah berpacaran dengan penyanyi Sherina ini bisa disebut sebagai penulis muda beruntung.

5. Asma Nadia

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: kalamuda.com

Salah satu bukunya yang best seller adalah Catatan Hati Seorang Isteri yang diterbitkan Lingkar Pena Publishing dan Kumcer Emak Ingin Naik Haji. Tulisan-tulisan yang dibuat oleh Asma tentu saja banyak memberikan inspirasi dan motivasi. Nilai-nilai yang syar’i dapat ditemukan di setiap tulisannya. Hebatnya lagi, Asma mampu mengemasnya dengan cantik bahkan meremaja sekali. Sehingga banyak sekali remaja yang menyukai tulisan-tulisannya. Konon ibu muda ini mengumpulkan lebih dari 300 juta dari karyanya yang beredar dan beberapa hak cipta film untuk novelnya.

6. Habiburrahman El Shirazy

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja?

foto: kapanlagi.com

Hampir semua karya-karya Habiburrahman yang berupa novel maupun mini novel best seller. Sebut saja Ayat-Ayat Cinta yang puluhan kali dicetak ulang lalu difilmkan dan ditonton oleh 3,5 juta orang. Novel yang lain Ketika Cinta Bertasbih menyamai Ayat-ayat Cinta. Novel terbarunya yang bersetting Rusia, Bumi Cinta juga mulai mengikuti novel-novel sebelumnya yang best seller.

Bukunya AAC terjual lebih dari 400.000 exp menempatkan pria lulusan mesir ini sebagai penulis terkaya kedua di Indonesia dengan Rp 2,4 miliar, setelah Andrea Hirata.

7. Agnes Davonar

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: novelpedia.com

Buku Surat Kecil Untuk Tuhan karya Agnes Davonar terjual lebih dari 200.000 exp atau menghasilkan Rp 700 juta. Ia masih memiliki 7 novel lain yang mencetak best seller yang dijual di luar negeri. Agnes mendapatkan lebih dari Rp 500 juta dari hak cipta novelnya yang semuanya telah menjadi perebutan produsen-produsen kakap nasional.

 Ia mendapatkan akusisi blognya dari Garudafood lewat produk chocolatosnya dengan nilai sponsorship Rp 500 juta pertahun. Sampai saat ini, penulis ini masih dikenal misterius karena tertutup dan jarang sekali tampil walau dibayar mahal sekalipun dalam sebuah seminar.

8. Agnes Jessica

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja?

foto: laabi.wordpress.com

Dia adalah seorang guru matematika yang kemudian berhenti mengajar dan memutuskan kariernya menjadi seorang penulis. Ternyata pilihanya tidak salah, ia menjadi penulis yang aktif hingga nyaris menerbitkan 1 bukunya setiap bulan, terkenal akan karyanya Sepatu Kaca, menempatkan dirinya dengan pendapatan lebih dari Rp 400 juta keuntungan pribadi dan belum termasuk hak cipta film untuk karyanya.

9. Tere Liye

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: twitter.com/Bang_TereLiye

Penulis yang bernama Darwis Tere Liye ini juga memiliki buku yang pernah menjadi best seller pada masanya, yakni Daun Yang Jatuh Tak Pernah membenci Angin dan Hafalan Surat Delisa.

10. Bernard Batubara

Penulis Indonesia ini karyanya laris manis di pasaran, siapa saja? foto: katarucita.wordpress.com

Penulis muda berbakat ini juga memiliki karya-karya yang selalu menjadi best seller. Sebut saja Kata Hati, Milana, Cinta, dan Surat Untuk Ruth.