Brilio.net - Menggeluti di dunia hiburan harus siap dengan persaingan yang ketat, termasuk bagi para musisi. Tidak hanya dalam menjual lagu, perjalanan menjadi entertainer pun sudah harus bersaing ketat. Beberapa artis memilih jalan mengikuti audisi ajang pencarian bakat, beberapa yang lain memilih membuat rekaman sendiri kemudian memasarkannya.

Layak untuk disimak siapakah yang lebih sukses, apakah para jawara ajang pencarian bakat ataukah para perintis rekaman? 

Berikut penyanyi yang namanya melejit tanpa audisi.

1. Raisa Andriana (Raisa)

Perempuan 25 tahun ini pada awalnya terkenal melalui video YouTube menyanyikan lagu berjudul Serba Salah. Kemudian debut di dunia industri musik adalah pada bulan Maret 2011 dengan lagu yang sama. Kini Raisa sudah mengeluarkan dua album yang berjudul Raisa dan Heart to Heart.

2. Muhammad Tulus (Tulus)

Tulus mengawali debutnya secara mandiri melalui perusahaan rekamannya Tulus.co yang didirikan bersama kakaknya Riri Muktamar. Album pertama yang dirilis berjudul Tulus. Pada tahun 2013, pria 28 tahun ini memenangkan penghargaan Rookie of the Year (pendatang baru terbaik) dari majalah Rolling Stone.

3. Afgan Syahreza (Afgan)

Tahun 2008 merupakan awal karirnya dan namanya melesat. Tadinya Afgan bersama teman-temannya rekaman di WannaB Instan Recording untuk koleksi pribadi. Namun secara tak terduga produser dapur rekaman itu memantau dan menawarinya rekaman. Sejak itu pria 26 tahun ini telah menelurkan empat album dan beberapa single.

4. Vidi Aldiano

Vidi masuk dapur rekaman pada tahun yang sama dengan Afgan. Adalah ayahnya Harry Kiss yang berjasa bagi karir pria 25 tahun ini yang terus menawarkan demo rekaman Vidi ke beberapa perusahaan. Setelah enam kali ditolak, akhirnya Vidi bisa diterima di salah satu produser kenamaan. Sampai sekarang Vidi telah merilis empat album.

5. Petra Sihombing

Petra awalnya berjuang secara independen untuk memproduksi lagunya. Pria 23 tahun ini sempat merelakan mobilnya dijual untuk membiayai rekamannya. Hasil rekamannya kemudian banyak diminati di beberapa stasiun TV, sehingga membuatnya populer. Hingga kini ia telah merilis tiga album.

6. Indah Dewi Pertiwi

IDP, begitu sapaannya, merupakan mantan model majalah panas. Namun pada tahun 2010 ia berpindah haluan menjadi penyanyi dengan merilis satu album. Sampai sekarang lagu yang telah dirilis perempuan 24 tahun ini sudah mecapai delapan album dan tujuh single.

7. Cakra Kahn

Cakra tenar dengan single pertamanya Harus Terpisah di tahun 2012. Semenjak itu Cakra menjadi populer dikenal sebagai salah satu penyanyi bersuara unik. Pada tahun 2013 lelaki 23 tahun ini merilis albumnya. Dengan album tersebut Cakra memperoleh banyak penghargaan.

8. Cita Citata

Siapa sih yang nggak tahu lagu Sakitnya Tuh Di Sini? Ya, itu merupakan lagu yang menjadikan popularitas Cita Citata melejit. Lagu itu dirilis pada tahun 2014. Setelah itu, Cita merilis tiga single dangdut lagi di mana dua di antaranya juga sukses. Awalnya Cita adalah penyanyi jazz dan kerap tampil di kafe-kafe.

9. Isyana Sarasvati

Latar belakang musikologi Isyana cukup mentereng. Selain lulusan dari Nanyang Academy of Fine Art Singapura, dara 22 tahun ini juga lulusan dari Royal College of Music Inggris. Tak ayal jika kemampuan musiknya jempolan. Beberapa pengahargaan bergengsi di beberapa negara asia juga pernah ia sabet. Saat ini ia telah meluncurkan dua single yang cukup ngehits.

10. Calvin Jeremy

Calvin mengawali kiprah di dunia industri dengan meluncurkan album berjudul Selamanya pada tahun 2010. Salah satu lagu dari album itu ngehits banget, Dua Cinta Satu Hati. Ia juga terkenal melalui situs YouTube, yang menarik minat salah satu stasiun televisi negara Filipina. Pada tahun 2012 lelaki 24 tahun ini merilis satu album lagu yang berjudul Calvin Jeremy. Suaranya yang husky dan falsetto membuatnya susah dilupakan.

Berbeda nasibnya dengan para penyanyi yang tenar tanpa melalui ajang pencarian bakat, berikut ini adalah nama-nama yang sudah jatuh bangun melewati audisi, namun kini namanya pudar dari layar kaca. Hal ini semakin meneguhkan bahwa persaingan dunia hiburan sangat ketat.

Siapa saja mereka?

2 dari 2 halaman

1. Muhammad Ihsan

Pria 26 tahun ini merupakan pemenang akademi pencarian bakat Indonesian Idol sesion 3. Namun kini kiprah Ihsan justru lebih banyak sebagai pemain film dan sinetron.

2. Januarisman

Dikenal dengan Aris Idol, dia adalah pemenang Indonesian Idol 2008. Ia merupakan mantan penyanyi jalanan. Seharusnya Aris bisa memaksimalkan bakatnya dengan sukses di industri musik, namun justru sebaliknya. Sejak diputus kontrak dari Indonesian Idol, kini Aris kembali lagi menjadi penyanyi jalanan.

3. Igo Pentury

Bakat pemenang Indonesian Idol 2010 ini tidak perlu diragukan. Kala itu Igo masih duduk di bangku SMA. Kini semenjak ia kuliah di Universitas Trisakti karir industri musiknya belum terdengar.

4. Nowella Auparay

Kualitas suara Nowella tidak perlu diragukan, ia adalah pemenang Indonesian Idol 2014. Namun sampai tahun ini baru dua single yang ia keluarkan.

5. Veri Affandi

Veri adalah juara Akademi Fantasi Indonesia 2003. Namun kini profesinya adalah pedagang.

6. Theodora Meilani

Akrab dengan sapaan Tia, ia adalah pemenang AFI 2004. Perempuan 33 tahun ini sempat sukses di dunia industri musik, bahkan sempat menjadi personel Ratu menggatikan Pinkan Mambo. Namun sejak tahun 2009, kepopuleran Tia di dunia musik surut.

7. Ade Alfonso

Ade merupakan jawara AFI 2005, namun semenjak itu nama Ade di dunia musik tak pernah terdengar lagi.

8. Tri Widi Nugroho

Atau akrab dengan panggilan Widi, ia merupakan jawaran AFI 2006. Dan sejak itu karir musiknya tidak pernah terdengar lagi.

BACA JUGA: 

VIDEO: Siswa SMA ini bawakan puisi yang bikin ngakak guling-guling

Pacar telat datang, wanita ini kirim 16 SMS berturut-turut