Brilio.net - Tanzilya Bisembeyeva wanita tinggal di sebuah pedesaan kecil di Astrakhan, Rusia mengaku sebagai orang paling tua di muka Bumi. Klaim sebagai orang tertua di dunia ini dilontarkan otoritas daerah setempat.

Tanzilya yang mengaku sebagai wanita kelahiran tahun 1896 ini juga menceritakan kepada pihak berwenang bahwa ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-120.

Dilansir brilio.net dari Daily Mail, Selasa (31/5), Tanzilya kini tinggal bersama dengan sisa keluarganya di Desa Alcha, Krasny Yar, wilayah Astrakhan di selatan Rusia. Ia merupakan salah satu sosok dari segelintir orang yang merasakan dan menyaksikan secara langsung, sejumlah periode bersejarah semasa hidupnya seperti revolusi Rusia, Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Dikutip dari Moscow Times, Tanzilya hidup bersama anak lelakinya yang bergantung pada uang pensiun berjumlah sangat minim. Suami pertamanya dikabarkan tewas saat ikut bertempur dalam Perang Dunia II dan anak pertamanya juga meninggal di usia yang masih muda.

wanita tertua © 2016 brilio.net



Apabila yang dikatakan Tanzilya benar, maka ia mengalahkan umur Emma Morano, wanita asal Italia dengan usia 116 tahun yang telah masuk ke dalam daftar Guiness World Record untuk tahun ini.

wanita tertua © 2016 brilio.net



Sebelumnya, Morano dinyatakan sebagai satu-satunya wanita kelahiran era 1800-an yang masih hidup hingga sekarang. Hal tersebut diumumkan secara resmi, setelah kematian wanita tertua sebelumnya asal Amerika Serikat, Susannah Mushatt Jones di usia 116.

wanita tertua © 2016 brilio.net



Tanzilya Bisembeyeva memiliki 3 anak, 10 cucu, 24 cicit, dan 2 canggah ini telah mendapat sertifikat dari Rusia of Records sebagai orang tertua di dunia.