Brilio.net - Platform situs e-commerce terbesar Tiongkok besutan Alibaba Group, Taobao, kembali menyelenggarakan Taobao Maker Festival (TMF) 2021. Digelar sejak 2016, acara ini bertujuan mendukung dan menjadi wadah bagi  kreator muda serta pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menyalurkan kreativitasnya.

Acara yang juga dikenal sebagai festival perayaan inovasi dan kreasi anak muda terbesar di Asia bahkan di dunia ini kembali menghadirkan pengalaman offline yang imersif. Taobao Maker Festival 2021 akan diselenggarakan di Pusat Konvensi dan Pameran Nasional di Shanghai, Tiongkok pada 17 hingga 25 Juli mendatang.

"Untuk mendukung kreator dan merchants di platform, penyelenggaraan TMF tahun ini akan diperkaya dengan konsep gamifikasi fantasi yang terinspirasi oleh Dinasi Tang, agar pengunjung bisa menjelajahi semua bagian pameran TMF dengan menyenangkan dan interaktif, sambil melihat berbagai produk dari kreator-kreator paling kreatif di Taobao," kata Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

taobaoadu istimewa

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Alibaba Group

Pada tahun keenamnya, kali ini TMF mengusung konsep permainan treasure hunt dengan tema "Harta Karun yang Hilang". Pemilihan konsep ini tak lepas dari tingginya minat anak muda Tiongkok dengan permainan mengasah otak tersebut.

Dengan konsep ini, TMF 2021 akan memberi pengalaman menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya. Setiap pengunjung akan diajak mengikuti keseruan berburu harta karun besar-besaran dengan petunjuk dan teka-teki tersebar di berbagai zona dalam pameran  di 'Treasure Chamber'.

Dengan luas 30 ribu meter persegi atau setara 60 lapangan basket, 'Treasure Chamber' akan jadi tempat ratusan merchant Taobao berkumpul. Dirancang dengan gaya anime fantasi khas Tiongkok, di 'Treasure Chamber', kamu dapat menjelajahi konsep futuristik, kreasi unik, dan desain terbaru dari para kreator muda.

taobaoadu istimewa

foto: Alibaba Group

Bertujuan untuk mengangkat hidden gems berupa produk baru atau khusus yang memenuhi keinginan dan kebutuhan generasi muda di Tiongkok, TMF 2021 menampilkan produk-produk yang mencerminkan kreativitas dan tren terbaru. Mulai dari kerajinan tangan unik, fesyen, kreasi yang terinspirasi sejarah budaya, hingga penemuan teknologi futuristik.

Kreativitas ini terlihat dari jam tangan mekanik bordir sutra, ransel dengan layar TV yang dapat dilipat, tenda proyektor, burger transparan rendah kalori, dan treadmill hewan peliharaan.

taobaoadu istimewa

foto: Alibaba Group

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati karya delapan seniman kontemporer Tiongkok, yang berhasil mengeksplorasi budaya dan teknologi untuk menghasilkan kreativitas tak terbatas. Karyanya meliputi lukisan lanskap tradisional Tiongkok dibuat dengan teknologi AI dan patung yang dibuat dengan gelombang suara dari ribuan tahun lalu.

Tak hanya menjadi wadah bagi kreativitas kreator muda, TMF 2021 juga mendukung para pengusaha muda. Salah satunya dengan meningkatkan penghargaan TMF menjadi sistem rating. Lewat sistem ini Taobao mampu memberikan dukungan selama setahun kepada para pengusaha muda yang menunjukkan orisinalitas dan kreativitas luar biasa.

taobaoadu istimewa

foto: Alibaba Group

Menjadi situs e-commerce terbesar, Taobao berkomitmen membantu para pengusaha muda terhubung dan berinteraksi lebih baik dengan 925 juta pengguna aktif di seluruh pasar ritel Alibaba di Tiongkok. Selain memperluas eksposure lewat acara TMF, pada Maret lalu Taobao juga telah memperkenalkan langkah-langkah baru untuk mempermudah syarat masuk, mempercepat proses orientasi, dan mengurangi biaya operasional.

Selain itu, Taobao juga telah meluncurkan inisiatif “Merchant Growth System” pertamanya pada Mei lalu untuk memberikan strategi pertumbuhan dan pedoman perlindungan hak intelektual lebih transparan kepada semua merchant.

Mau tahu lebih banyak soal Taobao Maker Festival 2021 dari Alibaba Group? Yuk cek di sini!

Adv.