Brilio.net - Permainan papan monopoli dirancang bukan untuk hiburan semata. Kamu pasti sudah sering memainkan permainan ini di waktu senggangmu. Selain asyik, permainan monopoli mengajarkan sedikit tentang pelajaran ekonomi. Permainan yang terinspirasi dari jual beli real estate ini memang sudah mendunia.

Bagi tahanan perang Inggris, monopoli bukan permainan biasa. Dilansir dari Boredomtherapy, Senin (30/10) permainan yang dirilis tahun 1930an ini ternyata bisa menyelamatkan mereka dari tahanan Jerman. Saat berada di tahanan, tentara Inggris ini tak mengetahui mereka ada di mana dan kapan mereka akan dilepaskan.

tahanan perang monopoli. © 2017 brilio.net

foto: boredomtherapy

Tapi ternyata Jerman masih berbaik hati. Tahanan perang ini boleh menerima paket bantuan dari kelompok kemanusiaan. Celah ini digunakan oleh pihak intelejen Inggris. Salah satunya adalah menyelundupkan alat-alat untuk melarikan diri. Bagaimana caranya alat tersebut bisa lolos dari pemeriksaan tentara Jerman?

Permainan ini sekilas tampak seperti monopoli biasa. Pihak intelejen Inggris ternyata menyematkan papan permainan monopoli yang mempunyai kompas, alat metal kecil, dan peta yang tersembunyi. Salah satu triknya adalah mencetak peta dalam papan permainan secara tersembunyi. papan permainan ini juga dicetak di atas kain sutra sehingga tidak mudah rusak ketika terkena air.

tahanan perang monopoli. © 2017 brilio.net

foto: boredomtherapy

"Tujuanku dari awal memang mendesain bagaimana cara kabur dari tahanan," ujar pejabat intelejen Inggris, Clayton Hutton. Dalam catatan, sebanyak 20.000 tahanan perang melarikan diri menggunakan papan permainan ini.