Brilio.net - Jika kamu melihat gambar yang satu ini, mungkin akan mengernyitkan dahi. Memang awalnya tidak ada yang aneh dengan gambar lukisan itu. Namun jika diperhatikan dengan seksama, akan muncul satu pertanyaan yang menimbulkan perbedaan jawaban bagi setiap orang.

Nah orang dalam lukisan tersebut menurut kamu berada di luar atau di dalam rumah? Beberapa orang mungkin menjawab di luar namun ada juga yang menjawab orang tersebut sedang berada di dalam rumah. Bingung kan?

Membuat orang bingung dan terkesima mungkin bukti kejeniusan seorang seniman asal Swedia bernama Erik Johansson. Lukisan yang dibuatnya pada tahun 2015 dan diberi nama "The Architect" ini tetap menjadi perdebatan hingga sekarang dan tidak diketahui jawaban yang benar.

Erik Johanson merupakan seniman yang berbasis di Berlin, Jerman. Dia sangat ahli memadukan lukisan dengan program komputer Photoshop, sehingga membuatnya seperti lukisan hidup dan nyata. Erik sendiri telah terjun ke dunia lukis sejak berumur 15 tahun setelah terinspirasi dari neneknya yang juga pelukis.

Nah teka teki dari lukisan Erik ini akhirnya terpecahkan juga.

MAU TAHU JAWABANNYA? KLIK NEXT

2 dari 2 halaman

Orang yang menulis itu di dalam atau di luar? Jawabannya berdasarkan pada teori ilusi optik bernama Necker Cube yang pertama kali dipublikasikan oleh Luois Albert Necker tahun 1832.

Jadi Necker Cube pada dasarnya adalah sebuah kubus transparan 3 dimensi yang dapat dilihat dari dua sudut yang berbeda. Dua sudut tersebut tergantung pada perpekstif subjektif kamu saat melihatnya.

Jika kamu melihatnya dari sisi bawah maka orang itu ada di dalam rumah. Lihat gambar di bawah. Orang ini di dalam bukan?

Tapi kalau kamu melihatnya dari sisi atas berarti orang itu ada di luar rumah. Lihat gambar berikut ini:

Nah kalau kamu bagaimana? Tulis jawabannya di kolom komentar ya?