Brilio.net - Suka penasaran nggak sih sama benda-benda di sekitar kamu itu sebenarnya terbuat dari apa? Beberapa benda dan produk memang ada yang jelas terbuat dari hasil olahan hewan seperti susu, mentega, keju, dan burger.

Tapi dari banyaknya benda yang kita gunakan sehari-hari, ada beberapa benda yang nggak akan kamu sangka yang ternyata juga terbuat dari organ binatang lho. Padahal benda-benda ini merupakan benda yang biasa kamu pakai bahkan konsumsi sehari-hari.

Mau tahu benda apa aja yang ternyata dibuat dari organ binatang? Yuk simak enam benda keseharian yang terbuat dari organ binatang di bawah ini yang dikutip brilio.net dari elitereaders.com, Sabtu (13/1).

1. Tinta tato

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Entah kamu suka tato atau enggak, tapi pasti kamu nggak nyangka kan kalau tinta tato itu terbuat dari tulang belulang binatang yang sudah mati kemudian dihanguskan. Lemak binatang juga ternyata digunakan untuk alat penstabil tinta lho.

2. Permen karet

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Buat kamu yang berpikir bahwa permen karet itu hanya terbuat dari gula, kamu salah besar. Pada dasarnya permen karet mengandung bahan bernama lanolin yang secara alami dihasilkan oleh kelenjar sebaceous dalam kulit kambing. Dengan kata lain lanolin ini merupakan keringat kambing.

3. Beer, wine dan jus jeruk

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Kesamaan yang dimiliki ketiga produk minuman ini adalah mereka sama-sama mengandung bahan seperti agar-agar bernama isinglass. Bahan ini terbuat langsung dari air kencing ikan air tawar. Biasanya bahan ini digunakan sebagai filter untuk membuat ketiga produk ini terlihat lebih bening.

4. Pelembut pakaian

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Ternyata produk yang memberi kelembutan dan bau yang segar pada pakaian ini mengandung bahan yang disebut tallow. Bahan ini terbuat dari lemak binatang seperti kambing, sapi, bahkan kuda.

5. Kondom

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Kondom berbahan lateks yang banyak diproduksi sekarang ini mengandung casein. Casein sendiri merupakan bahan olahan pabrik susu yang biasanya ditambahkan pada pasta gigi, keju, cat dan lem. Casein terbuat dari susu sapi atau usus kambing.

6. Uang

6 Benda keseharian © 2018 brilio.net

Benda yang sering kamu pakai dalam kesaharian kamu ini ternyata juga mengandung bahan tallow. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tallow adalah lemak binatang. Beberapa negara yang mata uangnya mengandung bahan ini yaitu, Kanada, Inggris, Chile, Meksiko, Malaysia dan Australia.