Brilio.net - Siapa sih yang tidak kenal buah lemon? Buah yang memiliki warna kuning ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Tak heran, meski memiliki harga yang cukup mahal, banyak orang tetap rela mengkonsumsi buah ini.

Selain kaya akan manfaat, bila dilihat dari sejarahnya, rupanya buah ini sudah populer sejak Romawi Kuno lho. Bahkan buah ini dianggap sebagai simbol status bagi elit penguasa di zaman itu. Menurut sebuah studi, buah lemon merupakan buah pertama yang tiba di Mediterania sekitar zaman Yesus.

Dilansir brilio.net dari Indian Express, Minggu (3/9), para peneliti dari Universitas Tel Aviv di Israel mempelajari kumpulan teks kuno, karya seni, artefak dan tumbuhan seperti butiran serbuk sari, arang, biji-bijian dalam studi tersebut. Sampai abad pertama Masehi, satu-satunya buah citrus yang tersedia bagi orang Romawi kuno adalah buah lemon, yang kala itu sangat langka dan mahal harganya.

"Saat ini, citrus adalah salah satu buah yang paling penting yang dibudidayakan di Mediterania. Tapi citrus bukan asli Laut Tengah dan berasal dari Asia Tenggara," ucap Dafna Langgut, dari Universitas Tel Aviv di Israel.

Dafna menambahkan bahwa lemon adalah buah citrus pertama yang sampai di Mediterania. Sementara jenis buah citrus lainnya kemungkinan besar menyebar lebih dari satu milenium kemudian karena alasan ekonomi.

Loading...

Pada awalnya, orang Romawi hanya mengonsumsi buah citrus berkulit kasar, yang dikenal sebagai etrogim. Buah tersebut kulitnya tebal dan daging buahnya tak mengandung banyak air. Sisa-sisa tanaman itu diidentifikasi di sebuah taman kerajaan Persia di dekat Yerusalem. Diperkirakan bahwa buah itu menyebar dari sana ke lokasi lain di sekitar Mediterania.

"Sedangkan fosil pertama dari buah lemon paling awal ditemukan di Forum Roma, dengan tanggal sekitar waktu Yesus Kristus, akhir abad pertama Sebelum masehi (SM) dan awal abad pertama Masehi," tambahnya.

Peneliti mengatakan, buah lemon dianggap sebagai komoditas berharga karena bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit serta aromanya yang segar dan menenangkan. Tak sembarang orang bisa mendapatkan lemon. Hanya orang kaya yang bisa menikmati manfaatnya.

"Mereka adalah tanaman uang yang lebih mahal dari barang mewah," pungkasnya.