Brilio.net - Pernahkah kamu mengamati kenapa iklan jam tangan menunjukkan waktu yang sama? Kamu mungkin tidak sadar. Lagipula, jam tangan bukan barang pokok. Punya jam tangan satu atau dua saja sudah cukup. Iya nggak?

Namun, kalau kamu suka mengoleksi jam tangan, kamu pasti akan menyadarinya. Jam tangan yang dijual di toko jam maupun toko online biasanya menunjukkan waktu yang sama, yaitu pukul 10.10.

Lalu apa sih alasan pembuat jam mengatur waktu yang sama? Apa mereka sudah membuat kesepakatan tertulis antar perancang jam tangan?

Sebenarnya, tidak ada alasan yang pasti kenapa waktu di jam tangan disetel kira-kira pukul 10 lebih 10 menit. Namun menurut Wakil Presiden retailer Tourneau, Andrew Block kepada New York Times, jarum jam menunjukkan angka 10 dan 2 agar logo dan merek jam tidak tertutup. Logo itu biasanya terletak di bagian bawah dan atas permukaan jam. Jika waktu diset pukul 12 tepat misalnya, maka logo jam akan tertutup dan terlihat kurang bergengsi.

"Itu semacam aturan tidak tertulis yang dipahami semua orang," imbuhnya dikutip brilio.net dari mirror, Jumat (25/3).

Loading...

Cara ini juga bisa menjadi upaya menjual citra positif serta membuat calon pembeli tidak berpikir panjang untuk mengeluarkan uang. Selain pukul 10.10, sebenarnya waktu di jam tangan bisa diatur pukul 08.20. Cara ini memang sama dan tidak menutupi logo dan merek, namun jarum jam mengarah ke bawah menunjukkan kesan negatif. Ibarat emotikon, maka ekspresi jam tersebut sedang bersedih. Inilah trik marketing yang dipakai produsen jam tangan.