Brilio.net - Ada berbagai jenis operasi yang disesuaikan dengan prosedur, situasi dan kondisi pasien. Misalnya saja bila pasien memiliki komplikasi atau penyakit yang berkembang, tentu membutuhkan operasi besar atau khusus.

Sebagai contoh adalah transplantasi organ yang ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak berfungsi pada penerima dengan orang lain yang masih berfungsi dari donor. Selain operasi tersebut, rupanya ada operasi yang dikatakan teraneh dan pernah dilakukan manusia.

Mulai dari transplantasi wajah sampai kabar yang terbaru adalah transplantasi kepala. Seperti apa operasi tersebut dilakukan? Ini dia cerita singkatnya seperti yang telah brilio.net kutip dari Emgn, Rabu (13/7):


1. Transplantasi wajah paling kompleks.

foto: googleusercontent

Gambar di atas menunjukkan x-ray dari wajah pasien sebelum operasi. Pasien diketahui seorang pria yang menderita kondisi yang disebut arteriovenous malformation selama 20 tahun terakhir. Ia telah melalui deformasi wajah yang parah.

Dalam proses operasi selama 27 jam, 45 dokter, ahli bedah dan perawat merekonstruksi wajahnya secara penuh. Mulai dari leher, mulut, lidah serta tulang belakang tenggorokannya.

Meskipun transplantasi wajah pertama kali pernah dilakukan pada tahun 2010, namun kasus ini telah diberi label sebagai transplantasi wajah paling kompleks sejauh ini. Pria itu dilaporkan pulih dengan baik dan kembali ke rumah sakit Barcelona untuk pemeriksaan rutin.


2. Transplantasi tengkorak dan kulit kepala.

foto: ichef.bbci.co.uk

James Boyson dari Texas didiagnosis Leiomyosarcoma pada tahun 2006. Jenis kanker ini terbilang sebagai tumor ganas yang lebih agresif dari jenis kanker lainnya dan mengharuskan ia menjalani pengobatan yang sama agresifnya. Akibatnya, ia harus kehilangan bagian kulit kepala dan tengkoraknya, meninggalkan otak dalam posisi rentan.

Selama operasi 15 jam yang dilakukan di Rumah Sakit Houston Methodist, Boyson menerima tengkorak dan kulit kepala serta menerima organ lainnya yakni pankreas dan ginjal baru. Untungnya, operasi itu berjalan sukses.


3. Penyambungan jari dari kulit perut.

foto: crackedcdn.com

Wang Yongjun, pembuat furniture dari China telah kehilangan jari dalam kecelakaan kerja. Padahal semua jari tangannya benar-benar dibutuhkan untuk berkarya.

Dr Xuesong Huang kemudian memiliki ide bagus untuk mencangkokkan jari pada kulit perut. Teknik yang terdengar dan terlihat sangat aneh ini disebut sebagai biomedical engineering. Nyatanya benar-benar bekerja, hanya saja membutuhkan waktu.


4. Dua jantung dalam satu tubuh.

foto: emgn.com

Ini bukan lirik lagu. Tapi ini adalah kasus nyata pada tahun 2011 yang dialami Tyson Smith dari San Diego. Ia benar-benar menerima transplantasi jantung, sementara jantungnya masih tinggal di tubuhnya juga. Dia sekarang memiliki dua jantung yang berada di dadanya dan saling berbagi beban kerja.

Dokter tak yakin apakah tubuh Smith bisa menerima jantung baru, mereka akhirnya hanya membuat satu jantung lebih lemah dan menambah satu jantung baru untuk mendukungnya. Dengan transplantasi ini, Smith berharap untuk hidup sekitar sepuluh tahun lebih.


5. Transplantasi rahim.

foto: smh.com.au

Pada tahun 2014, transplantasi rahim pertama dilakukan di Swedia. Sang ibu telah menjalani transplantasi rahim tahun sebelumya karena ia terlahir tanpa rahim (uterus). Operasi yang sukses dilakukan ini akan memicu harapan banyak wanita muda yang dilahirkan tanpa rahim atau kehilangan rahim mereka karena kanker.

"Namun masih ada keraguan tentang prosedur ini sejak obat yang digunakan untuk mencegah rahim baru ditolak oleh tubuh dapat membahayakan jika diminum dalam jangka panjang," kata seorang ahli bedah, Profesor Mats Brannstrom.


6. Penyambungan tangan seorang gadis untuk kakinya.

foto: crackedcdn.com

Dalam perjalanan ke sekolah, Ming Liu (9) tertabrak traktor dan kehilangan tangannya. Kamu mungkin bertanya mengapa para dokter tak memasang kembali tangan ke pemiliknya. Kenyataannya, lengan si gadis rusak parah dan memerlukan waktu untuk menyembuhkannya sebelum para dokter bisa memasang tangan.

Sementara itu, ahli bedah harus melakukan operasi untuk menggabungkan tangan gadis itu pada kakinya agar tangannya masih bisa tetap hidup.


7. Hemicorporectomy.

foto: imgur.com

Hanya 15 orang yang telah menjalani operasi ini masih tetap hidup. Operasi ini dikenal sebagai amputasi translumbar, prosedur ini berarti bahwa separuh bawah tubuh pasien akan dihapus. Ini adalah operasi yang sangat ekstrem dan hanya dianjurkan bila pasien menderita penyakit fatal seperti kanker yang terbatas setengah tubuh bagian bawah.


Ngeri nggak guys? Jangan dibayangin terus nanti kamu bisa mual.. Cek operasi selanjutnya.. Yang nomor 10 bakal bikin kamu kaget.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




8. Pemisahan kembar siam.

foto: sveikata.tv3.lt

Rita dan Ritaj Gaboura berhasil dipisahkan pada tahun 2011. Pemisahan kembar siam merupakan prosedur yang kompleks. Operasi ini sangat sulit karena kepala si kembar harus benar-benar dipisahkan. Selain itu, ada pertukaran darah yang signifikan antara otak dan hati Ritaj tampaknya membutuhkan sebagian besar pekerjaan operasi.

Untungnya, mereka berdua selamat dari operasi tanpa menderita kerusakan otak terdeteksi.


9. Penghapusan tumor seberat 16 pounds dan rekonstruksi wajah secara penuh.

foto: oddee.com

Marlie Casseus dari Haiti menderita displasia fibrosa poliostotik. Penyakit ini menyebabkan tulang-tulangnya membengkak yang mengakibatkan tumor wajah raksasa. Organisasi non profit, Good Samaritan berhasil membawanya ke Miami di mana dokter mengangkat tumor dan merekonstruksi wajah Casseus dalam operasi panjang selama 17 jam.


10. Amputasi siku dan berubah jadi bahu.

foto: oddee.com

Tom Lemm kehilangan lengan dan bahunya karena kanker pada tahun 2008. Namun, dokter berhasil menggunakan tulang dan jaringan dari sikunya lewat prosedur diamputasi untuk membangun bahu baru. Untuk bahu ini, Tom kemudian bisa memiliki lengan buatan terpasang.

Remaja 15 tahun itu sangat senang dengan hasil operasi dan mengatakan bahwa dirinya sempat merasa sangat marah awalnya ketika harus kehilangan lengan. "Tapi kemudian dokter mengatakan kepada saya apa yang dia rencanakan. Saya berharap fakta yang ini dapat memberikan harapan bagi orang lain," katanya.


11. 'Manusia Pohon' memiliki enam kilogram kutil untuk dihilangkan.

foto: oddee.com

Karena infeksi Human Papilloma Virus, pria Indonesia bernama Dede ini menderita kutil yang tumbuh di seluruh tubuhnya. Setelah ia kehilangan pekerjaannya dan setelah ditinggalkan oleh istrinya ia bahkan tak bisa makan sendiri.

Dede memiliki enam kilogram kutil yang bisa dihilangkan dalam sembilan operasi yang berbeda. Meskipun ia tak akan pernah sembuh sepenuhnya, setidaknya sekarang ia bisa makan, menulis dan menggunakan telepon lagi.


12. Kelainan fisik pada organ kaki.

foto: oddee.com

Pada tahun 2008, ahli bedah Australia menyelamatkan kaki bayi ini yang hilang sebelum itu bahkan setelah lahir. Amniotic Band Syndrome disebut sebagai penyebab kelainan morfologis dari sebagian organ tubuh si bayi. Ketika ibu sang bayi hamil 22 minggu, dokter melakukan operasi sangat awal dalam rahim agar sang bayi kelak bisa tumbuh dan mampu berjalan.


13. Transplantasi kepala penuh.

foto: telegraph.co.uk

Kasus ini belum terjadi baru direncanakan untuk tahun 2017. Namun pria asal Rusia, Valery Spiridinov yang menderita penyakit Werdnig Hoffman telah menawarkan diri untuk melakukan transplantasi kepala ke tubuh lain. Penyakit yang dideritanya menyebabkan otot-ototnya tak berfungsi dengan baik dan membuatnya dirantai ke kursi roda.

Meskipun Dr Sergio Canavero dari Italia mengatakan mampu melaksanakan operasi, ahli lainnya masih menyatakan keraguan untuk keberhasilan transplantasi kepala secara penuh.