Brilio.net - Teks berita adalah laporan berisi informasi yang aktual, terkini, dan berdasarkan fakta. Dalam teks berita juga berisi informasi yang penting, layak atau ingin diketahui oleh masyarakat umum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita mempunyai arti cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Jadi, bisa disimpulkan, berita merupakan teks berisi informasi yang baru atau sedang terjadi.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/2) berikut penjelasan pengertian teks berita, unsur, struktur, kaidah, jenis dan contohnya.

Berdasarkan cara penyampaiannya, berita dibagi menjadi dua jenis, yakni berita disampaikan secara lisan dan secara tertulis (tulisan).

Penyampaian berita secara lisan sering kita dengar dan lihat di televisi. Sementara, berita yang disampaikan secara tulisan banyak dijumpai di media cetak atau online.

Dalam menyusun teks berita diperlukan keterampilan serta penguasaan dasar penulisan agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti serta tersampaikan dengan baik pada masyarakat.

Selain itu, penting juga diketahui ciri-ciri teks berita, unsur, struktur, kaidah kebahasaan hingga contohnya agar lebih paham.

 

Pengertian Berita Menurut Ahli

teks berita © pixabay.com

foto : pixabay.com

Mickhel V. Charniey

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatau yang terkini (baru) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga menarik minat bagi pembaca.

Wiliam S. Maulsby

Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta. Berita harus punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.


Ciri-Ciri Teks Berita

teks berita © pixabay.com

foto : pixabay.com

Faktual

Berarti suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan dapat dirasakan serta dibuktikan kebenarannya.

Aktual

Berarti kejadian yang bersifat baru, terkini, dan sedang menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat umum.

Unik dan menarik

Unik berarti setiap wartawan atau portal penyedia berita memiliki editorial, redaksi, hingga diksi yang khas. Menarik berarti berita menyajikan fakta aktual yang diinginkan oleh masyarakat atau menimbulkan rasa ingin tahu dan ketertarikan dari masyrakat untuk membacanya.

Berpengaruh bagi masyarakat luas

Teks berita harus memberikan pengaruh bagi kepentingan orang banyak.

Objektif

Berita yang disampaikan benar-benar berdasarkan fakta tanpa rekayasa atau dipengaruhi oleh pandangan atau pendapat pribadi pelapornya.

Terdapat waktu dan tempat kornologi kejadian

Berita biasanya dilengkapi dengan runtutan waktu atau kronologi kapan terjadinya suatu peristiwa.

Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif

Pada umumnya berita berisi tulisan yang menggunakan bahasa baku sesuai PUEBI, sederhana, namun tetap menarik dan tidak membingungkan ketika dibaca (mudah untuk dikomunikasikan).

 

Unsur-Unsur Teks Berita

What (Apa)

Nama atau identitas dari suatu kejadian atau peristiwa yang baru atau sedang terjadi. Apakah menyangkut hidup seseorang atau kejadian tanah longsor? banjir? kerusuhan? apa yang diberitakan.

Who (Siapa)

Siapa saja yang terlibat dalam suatu kejadian atau peristiwa? atau siapa tokoh utama yang menjadi sorotan berita?

Where (Di mana)

Unsur ini menyatakan lokasi atau daerah tempat terjadinya peristiwa. Di mana kejadian itu di mana? dalam kriminal istilahnya biasa disebut dengan TKP atau tempat kejadian perkara.

When (Kapan)

Unsur yang merupakan waktu dari suatu kejadian atau peristiwa yang dilaporkan. Bisa mencakup tanggal, hari, jam, menit, atau umum, seperti pagi, siang, dan sore.

Why (Mengapa)

Alasan mengapa peristiwa atau kejadian yang dilaporkan dapat terjadi. Unsur ini juga mencakup untuk mengetahui secara detail penyebab dari suatu peristiwa yang telah terjadi.

How (Bagaimana)

Bagaimana keadaan atau proses terjadinya suatu kejadian atau peristiwa, termasuk akibat yang ditimbulkan atau justru yang diharapkan dari peristiwa tersebut jika peristiwa adalah acara yang sengaja dibuat (konser amal, pentas seni, dan sebagainya).


Struktur Berita

Kepala Berita (Lead)

Merupakan bagian yang dianggap paling penting dari berita. Pada bagian kepada berita harus berisi unsur-unsur utama berita berdasarkan 5W1H yang mencakup apa, siapa, di mana atau kapan.

Badan Berita

Badan berita biasanya berisi 'bagaimana' atau 'mengapa'. Deskripsi, narasi, atau penjelasan detail dari bagaimana dan mengapa peristiwa dan kejadian.

Bagian Ekor

Bagian ini biasanya tidak memiliki kaitan secara langsung terhadap berita. Bisa berisi konteks tambahan seperti sejarah sebelum kejadian yang dilaporkan terjadi, dan sebagainya.


Jenis-Jenis Berita

teks berita © pixabay.com

foto : pixabay.com

Jenis-jenis berita yang dikenal dalam dunia jurnalistik antara lain sebagai berikut:

Straight News (berita langsung)

Straight News merupakan jenis berita apa adanya, ditulis secara singkat, langsung, dan lugas. Sebagian besar halaman depan surat kabar atau yang menjadi berita utama (headline) biasanya adalah berita jenis ini.

Depth News (berita mendalam)

Depth News merupakan jenis berita yang dikembangkan dengan pendalaman mengenai hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan (dikupas secara mendalam).

Investigation News (berita investigasi)

Investigation News merupakan jenis berita yang dikembangkan berdasarkan penyelidikan dan penelitian dari berbagai sumber yang dapat menjadi sumber berita.

Interpretative News (berita interpretatif)

Interpretative News adalah berita yang dikembangkan melalui pendapat atau penilaian dari wartawan yang melaporkan, namun tetap berdasarkan fakta yang ditemukan.

Opinion News (berita opini)

Opinion News adalah jenis berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para ahli, pejabat, cendekiawan mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi keilmuan, dan sebagainya.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

teks berita © pixabay.com

foto : pixabay.com

Verba transitif

Merupakan verba yang dapat diubah kebentuk pasif.

Verba pewarta

Verba pewarta adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.

Adverbia atau kata keterangan

Kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

Konjungsi temporal

Merupakan kata hubung yang berhubungan dengan waktu. Misalnya: setelah, kemudian, dan akhirnya.

Kalimat langsung

Kalimat langsung merupakan hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang (sumber wawancara) yang sama persis dengan apa yang dikatakannya.

Kalimat tidak langsung

Kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat tidak langsung, biasanya untuk mengungkapkan detail berita.


Contoh Teks Berita

teks berita bahasa Inggris © 2022 brilio.net

foto : pixabay.com

Keputusan pemerintah dalam pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja menuai kontroversi. Pengesahan yang tiba-tiba dilakukan membuat serikat buruh dan mahasiswa melakukan demo besar-besaran di berbagai kota. Terhitung aksi demo kembali di gelar oleh buruh dan mahasiswa pada Senin (12/10).

Aksi penolakan terhadap Omnibus Law Cipta Kerja itu sudah berlangsung selama beberapa hari. Dari tanggal 6 sampai 8 Oktober terus dimulai. Bahkan gelombang unjuk rasa tak pernah padam di berbagai daerah dan kota besar di Indonesia.

Beberapa kota yang melakukan demo besar-besaran, antara lain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Ambon, dan masih banyak lagi. Bahkan demo di Semarang mendapat tanggapan langsung dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar mengaku paham aspirasi rakyat, meski begitu ia belum bisa bertindak mengingat draf final dari RUU Cipta Kerja masih belum didapatkan.