×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pendapatan Apple turun setelah puluhan tahun, China jadi sebab

View Image

0

BRILIO » Wow

Pendapatan Apple turun setelah puluhan tahun, China jadi sebab

Kelemahan ekonomi China merusak penjualan iPhone.

30 / 01 / 2019 18:42

Brilio.net - Perusahaan raksasa bidang perangkat keras dan lunak, Apple mengalami penurunan pendapatan. Penurunan ini merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah setelah lebih dari puluhan tahun.

Dilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, Rabu (30/1) CEO Apple, Tim Cook menyatakan katalis utama penurunan pendapatan ini ialah China dan lambatnya penjualan iPhone. Pendapatan per akhir Desember sebanyak Rp 1,19 kuadriliun, yang mana turun 4,5 persen dari tahun sebelumnya.

Profit quartal ini sebanyak Rp 282,1 triliun padahal quartal sebelumnya sebanyak Rp 282,6 triliun. Penjualan di Tiongkok juga menurun sekitar 26 persen, dengan penjualan capai Rp 193,5 triliun.

Sebelumnya Tim Cook telah memperingatkan bahwa pendapatan akan turun Rp 1,186 kuadriliun lebih rendah dari quarter sebelumnya. Meski demikian saham Apple justru naik 5,5 persen karena beberapa investor senang dengan hasil kuartal, yang masih berhasil mengalahkan ekspektasi Wall Street. Perusahaan itu mengatakan penjualan kemungkinan besar akan lebih rendah dari yang diharapkan Wall Street, menjadi sebuah sinyal bahwa mereka terus menghadapi permintaan iPhone yang lemah, terutama di China, sebagai pasar ponsel pintar terbesar di dunia.

Layanan perusahaan menjadi titik masalah dari penjualan iPhone yang mengecewakan. "Meskipun mengecewakan untuk melewatkan panduan pendapatan kami, kami mengelola Apple untuk jangka panjang, dan hasil kuartal ini menunjukkan bahwa kekuatan mendasar dari bisnis kami berjalan lebih dalam dan luas," ujar Tim Cook duilansir brilio.net dari dailymail.co.uk, Rabu (30/1).

Loading...

Cook, yang secara teratur melakukan kontak dengan Presiden AS Donald Trump, mengatakan kepada Reuters ia melihat beberapa harapan bahwa ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China telah mereda, dan bahwa perusahaan tersebut sedang mempertimbangkan penetapan harga teleponnya dalam mata uang lokal di China dan pasar internasional lainnya, yang dapat memacu penjualan.

Apple memperkirakan pendapatan quartal ini yang berakhir pada Maret nanti hanya akan capai Rp 777 triliun - Rp 833 triliun. Untuk pendapatan quartal yang berakhir Desember diperkirakan capai Rp 1,191 kuadriliun.

aple mengalami penurunan pendapatan © dailymail.co.uk

Pendapatan iPhone Apple turun 15 persen dari tahun ke tahun menjadi Rp 733,3 triliun. Cook mengatakan, kelemahan ekonomi China merusak penjualan iPhone di sana. Dalam suratnya kepada investor di bulan Januari, Cook mengutip kelemahan ekonomi di China, yang menyumbang 20 persen dari penjualan globalnya, sebagai salah satu alasan utama untuk Apple untuk 'lebih sedikit peningkatan iPhone.' Berikut kira-kira isi surat Tim Cook kepada investor.

Kepada investor Apple:

Hari ini kami sedang merevisi pedoman kami untuk kuartal pertama 2019 fiskal Apple, yang berakhir pada tanggal 29 Desember. Kami sekarang mengharapkan yang berikut:

Kami memperkirakan jumlah saham yang digunakan dalam menghitung EPS terdilusi sekitar 4,77 miliar.

Berdasarkan perkiraan ini, pendapatan kami akan lebih rendah dari panduan awal kami untuk kuartal ini, dengan item lain tetap secara luas sejalan dengan panduan kami.

Sementara itu beberapa minggu sebelum kami menyelesaikan dan melaporkan hasil akhir kami, kami ingin mendapatkan beberapa informasi awal kepada Anda sekarang. Hasil akhir kami mungkin agak berbeda dari perkiraan awal ini.

Ketika kami membahas panduan Q1 kami dengan Anda sekitar 60 hari yang lalu, kami tahu kuartal pertama akan dipengaruhi oleh faktor makroekonomi dan faktor spesifik Apple. Berdasarkan perkiraan terbaik kami tentang bagaimana hal ini akan berjalan, kami memperkirakan bahwa kami akan melaporkan sedikit pertumbuhan pendapatan tahun ke tahun untuk kuartal ini. Seperti yang anda ingat, kami membahas empat faktor:

Pertama, kami tahu perbedaan waktu peluncuran iPhone kami akan memengaruhi perbandingan kami dari tahun ke tahun. Model teratas kami, iPhone XS dan iPhone XS Max, dikirim pada Q4'18 - menempatkan pengisian saluran dan penjualan awal pada kuartal itu, sedangkan iPhone X tahun lalu dikirim pada Q1'18, menempatkan pengisian saluran dan penjualan awal pada kuartal Desember . Kami tahu ini akan membuat perbandingan yang sulit untuk Q1'19, dan ini dimainkan secara luas sesuai dengan harapan kami.

Kedua, kami tahu dolar AS yang kuat akan menciptakan pukulan valuta asing dan memperkirakan akan mengurangi pertumbuhan pendapatan kami sekitar 200 basis poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini juga dimainkan secara luas sesuai dengan harapan kami.

Ketiga, kami tahu kami memiliki jumlah produk baru yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk meningkat selama kuartal ini dan memperkirakan bahwa kendala pasokan akan menghalangi penjualan produk-produk tertentu kami selama Q1. Sekali lagi, ini juga dimainkan secara luas sesuai dengan harapan kami. Penjualan Apple Watch Series 4 dan iPad Pro dibatasi banyak atau semua kuartal. AirPods dan MacBook Air juga dibatasi.

Keempat, kami memperkirakan kelemahan ekonomi di beberapa pasar negara berkembang. Ini ternyata memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada yang kami proyeksikan.

Selain itu, faktor-faktor ini dan lainnya menghasilkan peningkatan iPhone yang lebih sedikit daripada yang kami perkirakan.

Dua poin terakhir ini telah menyebabkan kami mengurangi panduan pendapatan kami. Saya ingin sedikit lebih dalam pada keduanya.

Tantangan Pasar Berkembang

Sementara kami mengantisipasi beberapa tantangan di pasar-pasar utama yang sedang berkembang, kami tidak melihat besarnya perlambatan ekonomi, khususnya di China Raya. Faktanya, sebagian besar kekurangan pendapatan kita untuk panduan kita, dan lebih dari 100 persen dari penurunan pendapatan di seluruh dunia dari tahun ke tahun kita, terjadi di Cina Besar di seluruh iPhone, Mac dan iPad.

Ekonomi Tiongkok mulai melambat di paruh kedua 2018. Pertumbuhan PDB yang dilaporkan pemerintah selama kuartal September adalah yang terendah kedua dalam 25 tahun terakhir. Kami percaya lingkungan ekonomi di China telah lebih jauh dipengaruhi oleh meningkatnya ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat. Karena iklim meningkatnya ketidakpastian membebani pasar keuangan, efeknya tampaknya juga menjangkau konsumen, dengan lalu lintas ke toko ritel kami dan mitra saluran kami di China menurun ketika kuartal berkembang. Dan data pasar telah menunjukkan bahwa kontraksi di pasar ponsel pintar Tiongkok Raya telah sangat tajam.

Terlepas dari tantangan ini, kami percaya bahwa bisnis kami di Chinamemiliki masa depan yang cerah. Komunitas pengembang iOS di China adalah salah satu yang paling inovatif, kreatif, dan bersemangat di dunia. Produk kami menikmati pengikut yang kuat di antara pelanggan, dengan tingkat keterlibatan dan kepuasan yang sangat tinggi. Hasil kami di China mencakup rekor baru untuk pendapatan Layanan, dan basis perangkat yang dipasang kami tumbuh selama setahun terakhir. Kami bangga berpartisipasi di pasar China.

iPhone

Pendapatan iPhone yang lebih rendah dari yang diantisipasi, terutama di China Besar, menyumbang semua kekurangan pendapatan kami untuk panduan kami dan lebih dari penurunan pendapatan kami sepanjang tahun-ke-tahun. Bahkan, kategori di luar iPhone (Layanan, Mac, iPad, Produk Pakaian / Rumah / Aksesoris) bergabung untuk tumbuh hampir 19 persen tahun-ke-tahun.

Sementara China Besar dan pasar negara berkembang lainnya menyumbang sebagian besar dari penurunan pendapatan iPhone dari tahun ke tahun, di beberapa pasar maju, peningkatan iPhone juga tidak sekuat yang kami kira. Sementara tantangan ekonomi makro di beberapa pasar merupakan kontributor utama tren ini, kami percaya ada faktor-faktor lain yang secara luas mempengaruhi kinerja iPhone kami, termasuk konsumen yang beradaptasi dengan dunia dengan subsidi operator yang lebih sedikit, kenaikan harga terkait kekuatan dolar AS, dan beberapa pelanggan mengambil keuntungan dari penurunan harga yang signifikan untuk penggantian baterai iPhone.

Banyak Hasil Positif di Triwulan Desember

Meskipun mengecewakan untuk merevisi pedoman kami, kinerja kami di banyak bidang menunjukkan kekuatan yang luar biasa terlepas dari tantangan ini.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more