Brilio.net - Seorang seniman di New York, Amerika Serikat, Shaheryar Malik (25), punya gaya unik untuk membuang koleksi bukunya. Caranya bukan dimasukkan ke dalam karung lalu dibuang ke tempat sampah. Tapi dengan menyusunnya di tempat umum sambil berharap buku-bukunya diambil orang yang lewat.  

"Aku akan berbagi sesuatu yang berbeda kepada dunia," katanya kepada The Guardian seperti dikutip brilio.net, Minggu (1/5).

Malik menempatkan 40 buku dalam tiap satu tumpukan. Dia memilih tempat seperti stasiun kereta bawah tanah Times Square, Central Park, High Line, dan Brooklyn Bridge. Dia juga memfoto buku-buku itu. Menariknya lagi, dia menuliskan alamat email di tiap buku. Dia berharap setiap orang yang lewat bisa mengambil buku-buku itu lalu mengirim email setelah selesai membacanya.

Sedikitnya ada 250 buku yang diletakkan di beberapa tempat umum tersebut. Tapi setelah beberapa waktu, dia hanya menerima 50 email saja. Dari caranya ini Malik justru mendapat ide menjalankan proyeknya itu untuk mempelajari perilaku masyarakat tentang kecintaan mereka terhadap membaca.

Berikut foto-foto cara unik membuang buku tersebut:
 
1. Ditaruh di pintu masuk Central Park

buang buku istimewa



2. Ini malah di stastiun kereta bawah tanah Times Square

buang buku istimewa



3. Di Brooklyn Bridge

buang buku istimewa



4. Sampai ditaruh di dalam lift sebuah mal

buang buku istimewa



5. Di taman umum

buang buku istimewa



6. Jembatan penyeberangan juga jadi sasaran

buang buku istimewa

 

7. Di ayunan

buang buku istimewa