1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Wow
Ahada Ramadhana 24 Februari 2016 22:32

Para mahasiswa ini sindir mirisnya kehidupan masa kini lewat karya

Ini kritik, tapi penikmat karya bebas mengartikan karya tersebut.

Brilio.net - Karya seni merupakan bentuk ekspresi dari apa yang dirasakan oleh seorang seniman. Kegelisahan terhadap keadaan sekitar dapat dituangkan dalam karya ini yang memiliki beragam jenis.

Melalui perhelatan bertajuk 'Pameran Obar-Abir', sejumlah mahasiswa melakukan kritik terhadap kehidupan sosial atau sehari-hari yang mereka temui. Kritik tersebut mereka sampaikan  dalam bentuk karya seni yang terdiri dari foto, mural, video art, video instalasi, serta animasi yang totalnya berjumlah 35 buah.

Keseluruhan karya ini merupakan hasil kerja dari mahasiswa Fakultas Seni Media Rekam satu angkatan. Diungkapkan salah satu seniman, Dean Fitty Sari, satu karya bisa dikerjakan 2 oleh atau 3 orang, bahkan ada yang berkelompok.

"Tidak semua karya yang menggambarkan isu sosial memberikan solusi, memang sebenarnya seperti itu. Tapi ada juga yang memberikan solusi. Ini adalah wadah baru mengungkapkan keresahan," tutur Dea, begitu wanita yang juga ketua pelaksana acara itu kerap disapa.

Setiap karya disertai judul, media, tahun pembuatan, dan nama seniman. Setiap seniman memang memiliki pesan tersendiri yang ingin disampaikan. Untuk mempertajam karya mereka, diskusi rutin juga diadakan oleh para seniman muda tersebut. Kendati demikian, penikmat karya diberi kebebasan memaknai setiap karya.

"Ngomongin bagus atau nggak tergantung konsep. Misal ada satu foto yang blur, emang sengaja dibikin seperti itu. bagi orang lain ngeliatnya 'kok blur gimana sih'. Tapi kembali ke senimannya, tergantung dari judul karya tersebut. Menilai bagus atau nggak sebuah karya balik ke senimannya," tuturnya menjelaskan perihal karya seni.

Obar-abir berasal dari bahasa kawi yang artinya petir. "Kita nggak mengambil mentah-mentah arti tersebut. Jadi kita memakai beberapa analogi dan mengaitkannya dengan kehidupan sosial. Analoginya chaos, kebebasan, bebas bereksperimen, dan lain sebagainya. Dihubungan dengan tema kita satire," tutur Dea.

Penasaran dengan karya para seniman muda ini? Nah, berikut ini adalah karya-karyanya.

1. Indistinct (Deasy Fathmasari, Handri Saputra, Dewi P Lantu, Delfi Mulyansyah, Neni Munthi R.S.B)

foto: ahada ramadhana

2. Mononton (Lemah Teles Pictures)

foto: ahada ramadhana

3. Timelapse (Dean Fitty S)

foto: ahada ramadhana

4. Identity (Ajeng Annisa Saraswati)

BRILIO VIDEO

MAKMUR Ep1 - Nasi Goreng
MAKMUR "Perut Kenyang, Dompet Senang" Alias MAKan MURah! Ini adalah sebuah series untuk menguak tempat makan seru dan enak dengan harga di bawah 20.000 IDR! Dijamin pas buat kalian kalian yang suka kuliner ataupun lagi bokek di akhir bulan! Yuk ikutin review dari kita! Episode kali ini, MAKMUR akan coba nyari nasi goreng enak di bawah 20.000 IDR di Jakarta! Mau tau nasi goreng apa aja yang kita cobain? Tonton videonya! #MAKMURBrilio ---- Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS_QO4A8YJ44frv9Np1_Q Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w WEBSITE: http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoIndonesia/ TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Nasi Goreng MAFIA Jl. Tebet Raya No.27 D, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, RT.1/RW.2, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820 https://www.nasgormafia.com/ Panda XO @ FoodLab Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710 Nasi Goreng Bhakti Jl. Bhakti Blok S, Kebayoran Baru, RT.11/RW.1, Rw. Bar., Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

foto: ahada ramadhana

5. Jalur 204 (Ahmad Thohir Muzakki)

foto: ahada ramadhana

6. Bicara (Widie Ravita & Bagus Ariestya)

foto: ahada ramadhana


(brl/ani)

YOU MAY ALSO LIKE

Pantai Kasap, Raja Ampat From Java
Pantai Kasap, atau sering dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini juga salah satu pantai yang bisa banget untuk dijadikan destinasi wisata kalian, lho! Yuk, saksikan keindahannya hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Para mahasiswa ini sindir mirisnya kehidupan masa kini lewat karya.
Ini kritik, tapi penikmat karya bebas mengartikan karya tersebut.
https://www.brilio.net/wow/para-mahasiswa-ini-sindir-mirisnya-kehidupan-masa-kini-lewat-karya-1602246.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?