Brilio.net - Kamu pasti sudah nggak asing ya dengan Bukalapak? Situs e-commerce yang satu ini nggak cuma sekadar jualan online aja, lho. Saat menyambut Hari Pahlawan beberapa waktu lalu, Bukalapak menggelar kompetisi festival iklan yang mengusung tema 'Pahlawan' yang diadakan sejak 17 Agustus sampai 21 Oktober 2016.

Sontak aja festival ini diikuti banyak anak-anak muda kreatif, terbukti sekitar 1.700 video berhasil dijaring. Semuanya karya anak-anak muda kreatif, lho. Juri acara ini yang juga sutradara, Dimas Djayadiningrat mengatakan bahwa banyak insan muda Indonesia yang memiliki kreativitas tinggi. Namun dalam penilaian tetap dicari yang paling berbeda dan memiliki ide cerita menarik.

“Komposisi penilaian iklan ini dilihat dari segi isi dan ide cerita, serta kreativitas. Juga teknik penyutradaraan serta kesesuaian dengan tema utama. Kami melihat bahwa kualitas iklan yang dibuat para pemenang sangat baik meskipun dengan teknik sederhana,” jelasnya kepada brilio.net di Bukalapak Hall, beberapa waktu lalu.

Pahlawan Sejati  © 2016 brilio.net

Juara pertamanya nih/foto: brilio.net/Syifa Fauziah

Loading...

Setelah melakukan banyak penilaian dan seleksi, terpilihlah video 'Pahlawan Sejati' garapan Rangga Kusmalendra sebagai pemenang. “Senang banget dan nggak nyangka bisa menang,” ucap Rangga.- -Dalam video berdurasi 30 detik ini, Rangga bersama delapan temannya dari komunitas DSLR Cinematografi mengaku awalnya agak kesulitan saat menyatukan ide dan banyak pertimbangan.- -“Dari tiap orang kita kumpulin ide masing-masing. Lalu ide-ide itu kita diskusikan lagi untuk bisa dieksekusi. Nah yang punya ide directornya biar lebih afdol,” ungkapnya.

Pahlawan Sejati  © 2016 brilio.net

Pahlawan Sejati/foto: youtube.com

Dalam videonya ini, Rangga mengambil ide tentang kehidupan sehari-hari tapi tetap ada unsur komedi yang menjadi ciri khas iklan Bukalapak sebelumnya.- -“Temanya komedi romantis, ada anak kecil yang suka sama cewek sampai mereka besar. Tapi si cowok itu nggak bisa dapetin cewek itu tapi tetap suka. Jadi lebih menjadi pahlawan karena ikhlas memberi dan berkorban untuk cewek itu,” paparnya.- -Bersama delapan temannya, Rangga hanya membutuhkan waktu empat hari untuk melakukan syuting dan editing. Dengan waktu yang cukup singkat dirinya tak menyangka bisa menjadi pemenang.

Pahlawan Sejati  © 2016 brilio.net

Ceritanya soal cinta monyet yang berlanjut hingga dewasa/foto: youtube.com

“Ya uangnya (hadiah) kita bagi rata. Entah untuk apa mereka pergunakan tapi kalau saya dan beberapa teman yang lain sih mau beli alat-alat lagi biar bisa lebih berkreativitas,” ungkapnya.- -Dengan adanya kompetisi seperti ini, Rangga berharap anak muda yang memiliki ide kreatif bisa lebih mengembangkan kreativitasnya. “Kalau dulu iklan selalu ada batasan-batasannya. Dengan adanya ini semoga orang-orang melihat bahwa anak muda kita kreatif, lho. Semoga bisa membuat anak muda menjadi semangat untuk berkarya,” terangnya. - -Wah... selamat, ya... Nih videonya buat kamu, Sobat Brilio: