Brilio.net - Bagi kebanyakan orang, produk skincare kini menjadi kebutuhan utama yang harus ada dalam daftar belanja. Hal inilah yang membuat tren kecantikan dan inovasi perawatan kulit terus dikembangkan brand-brand kosmetik terkenal dunia setiap tahunnya. Brand lokal pun tidak mau kalah dalam segi kualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Target penggunanya tidak hanya terbatas pada perempuan dewasa saja, laki-laki, dan remaja juga menggemari berbagai jenis produk perawatan kulit wajah dan tubuh. Dengan luasnya pasar yang tersedia, maka tidak heran jika bisnis perawatan kulit wajah dan tubuh menjadi bisnis paling menjanjikan di beberapa tahun terakhir. Tertarik mendalami bisnis dunia skincare? Simak artikel ini untuk arahannya!

Tips sukses bisnis skincare lokal

Saat memulai bisnis skincare lokal, kamu wajib memahami seluk-beluk skincare itu sendiri serta memiliki pengetahuan manajemen bisnis. Apalagi, kompetitor kamu bukan hanya sesama skincare lokal, tapi juga dari brand-brand luar yang sudah mendapatkan pasar loyal di dalam negeri. Agar bisnis kamu sukses, simak beberapa tips di bawah ini.

1. Tentukan Model Bisnis

Bisnis skincare tidak harus dimulai dari modal yang besar untuk menjadi produsen. Kamu bisa menjadi reseller, agen, atau distributor sesuai modal yang tersedia. Reseller merupakan pilihan model yang paling mudah dilakukan dengan modal hanya berupa
smartphone dan koneksi internet saja.

2. Gunakan Teknologi yang Memudahkan

Aktivitas dunia bisnis tidak terlepas dari urusan pembayaran, gaji karyawan, ataupun pembayaran supplier dan vendor yang bekerja sama dengan kamu. Urusan pembayaran ini bisa sangat menyita waktu kamu, pasalnya harus berlama-lama di bank untuk
melakukan pengiriman uang ke banyak rekening dalam satu waktu.

Platform pembayaran sekaligus atau bulk transfer bisa jadi solusi. Pasalnya, bulk transfer dapat membantu kamu mempercepat proses pengiriman uang ke banyak rekening sekaligus, misalnya untuk pembayaran supplier yang bekerja sama dengan bisnis skincare lokal kamu.

Salah satu layanan penyedia platform pembayaran sekaligus adalah Fazz Business. Dengan menggunakan layanan ini kamu dapat sekaligus mengirim uang ke lebih dari 100 rekening dalam satu kali klik.

Caranya pun mudah. kamu hanya perlu masuk ke dashboard Fazz Business untuk mengunggah daftar rekening penerima dalam format csv, kemudian klik untuk transfer ke daftar penerima. Dengan begitu, kamu telah menghemat waktu dan tenaga, serta bisa fokus melakukan pekerjaan yang lain.

3. Riset Pasar

Riset pasar wajib dilakukan oleh semua bisnis, tidak terkecuali bisnis skincare lokal. Kamu wajib mengetahui tren apa yang sedang terjadi di dunia skincare lokal dan global. Produk apa yang sedang booming dan apa manfaatnya untuk pengguna produk
tersebut.

Riset juga bahan baku apa yang disukai atau justru berbahaya bagi konsumen. Riset pasar merupakan modal awal kamu memiliki pengetahuan produk yang beragam. Pengetahuan inilah yang bisa menjadi daya tarik konsumen mau menggunakan produk yang kamu tawarkan.

4. Target dan Karakteristik Pasar

Karakter pasar membagi peruntukan produk skincare yang beragam, antara lain terbagi berdasarkan usia, jenis kelamin, kegunaan produk, serta permasalahan kulit yang dihadapi, dan lainnya. Sebagai pebisnis, kamu harus mengetahui karakter pasar supaya
bisa memberikan solusi produk yang sesuai.

Harga dan kualitas produk juga tidak bisa disamaratakan untuk seluruh pasar. Ada produk tertentu yang cocok untuk segmen pasar tertentu, dan ada pula yang tidak. Segmentasi produk dan pasar ini umumnya terkait kandungan bahan dan harga produk.

5. Pilih Supplier/Vendor Terpercaya

Dalam menjalankan bisnis kamu tidak bisa sendirian. Dibutuhkan kerjasama dengan supplier atau vendor agar bisnis berjalan lebih mudah. Misalnya saja untuk masalah kemasan dan pengepakan produk atau pabrik dan laboratorium.

Pastikan kamu bekerja sama dengan supplier terpercaya agar kamu tidak mendapatkan keluhan dari konsumen, misalnya terkait ketersediaan barang. Sebaliknya, kamu juga wajib menepati pembayaran supplier sesuai tenggat yang disepakati.

Kamu bisa menggunakan layanan pembayaran sekaligus sebagai fasilitas yang memudahkan kamu melakukan pembayaran ke beberapa supplier atau vendor yang telah tiba tanggal jatuh temponya.

6. Produk Aman dan Memiliki Legalitas Bisnis

Konsumen masa kini sudah sangat kritis terkait kesehatan diri. Skincare yang dipakai langsung ke kulit menjadi nutrisi atau justru membahayakan tergantung kandungan bahan aktifnya.

Agar konsumen tidak berpaling dari produk yang kamu tawarkan, pastikan kamu melengkapi produk dengan izin edar, sertifikasi halal, dan aman dari bahan-bahan berbahaya.

Sedangkan untuk perusahaan tempat kamu menjalankan bisnis, pastikan telah memiliki izin usaha dan legalitas lengkap, supaya konsumen merasa aman menggunakan produk dari perusahaan legal.

7. Strategi Promosi

Untuk strategi promosi dan marketing, kamu bisa memanfaatkan jalur media sosial yang bisa menjangkau pasar lebih tepat sasaran. Media sosial menyediakan sistem promosi gratis dan berbayar, yang bisa kamu manfaatkan sekaligus.

Kamu juga dapat memanfaatkan beberapa media sosial dalam satu waktu untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Jika kamu menggunakan promosi berbayar untuk beberapa media sosial di waktu yang bersamaan, kamu bisa melakukan transfer pembayaran sekaligus yang memudahkan pekerjaan kamu.