×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
LRT Sumsel resmi beroperasi, transportasi keren saat Asian Games

View Image

0

BRILIO » Wow

LRT Sumsel resmi beroperasi, transportasi keren saat Asian Games

Foto-foto: Brilio.net

Satu-satunya LRT di dunia yang menyeberangi sungai

04 / 08 / 2018

Brilio.net - Moda transportasi light rail transit (LRT) di Indonesia resmi beroperasi di Palembang, awal Agustus lalu. Pelambang pun mencatat sejarah sebagai kota pertama di Indonesia yang dilalui moda transportasi massal itu. 

Tarifnya juga lumayan murah lho. Jarak pendek Cuma Rp 5.000. Sementara jarak terjauh hingga Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II cuma Rp 10.000.

LRT Sumsel-1 © 2018 brilio.net

Nggak heran jika LRT Sumsel disambut antusias warga Palembang. Sebelum dioperasikan secara resmi, LRT sudah diuji coba secara gratis sejak 23-31 Juli 2018. Per 1 Agustus 2018, LRT mulai berbayar. Pantauan Brilio.net, saat hari terakhir ujicoba, penumpang yang naik dari Stasiun DJKA enggan turun ketika tiba di stasiun Bandara. Mereka memutuskan untuk kembali ke stasiun DJKA. Akibatnya, penumpang yang ingin mencoba LRT di Stasiun Bandara tak bisa menaikinya.     

Dalam acara sosialisasi LRT Sumsel bertajuk “Payo Naik LRT, Life Style Baru Wong Kito” di Hotel Aryaduta, Palembang baru-baru ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat Palembang menjadikan LRT Sumsel sebagai gaya hidup.

Loading...

LRT Sumsel-1 © 2018 brilio.net

“Berbicara LRT, Presiden (Joko Widodo) selalu bicara berilah kebahagiaan pada masyarakat dan layanan. Palembang jadi model dan kita tidak ingin LRT dimanfatkan sekarang saja tapi harus continue dan jadi life style. Kita juga harus bangga karena 80% LRT adalah karya anak bangsa,” tegas Budi.

Sedangkan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersyukur LRT Sumsel bisa beroperasi secara resmi. “Alhamdulillah, menjadi kenyataan LRT pertama di Indonesia,” kata Alex.

LRT Sumsel-1 © 2018 brilio.net

Ada dua alasan mengapa Palembang begitu membutuhkan LRT. Alex menjelaskan, berdasarkan studi Kota Palembang diprediksi bakal macet total pada 2020. “Solusinya adalah transportasi massal, terserah apa saja bisa MRT, bisa kereta, bisa LRT. Kita pilih LRT,” kata Alex.

Alasan lain, LRT sangat dibutuhkan bagi Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 selain Jakarta. LRT ini nantinya bakal dimanfaatkan untuk transportasi atlet, ofisial, dan suporter dari masing-masing negara peserta Asian Games. “Ini alasan utama saat saya presentasi ke Presiden dengan waktu 7 menit. Jangan sampai kita terlambat seperti Jakarta,” tegas Alex.

LRT Sumsel-1 © 2018 brilio.net

Alex juga bangga karena LRT Sumsel merupakan satu-satunya LRT di dunia yang menyeberangi sungai. Ya LRT Sumsel melintas di atas Sungai Musi yang menjadi salah satu ikon Kota Palembang.

Nih videonya saat Brilio.net berkesempatan mencoba LRT Sumsel

Wah keren kan?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more