Brilio.net - Melukis membutuhkan kemampuan khusus yakni ketekunan, kejelian, dan analisis visual yang tinggi. Pelukis harus dapat melihat bagian-bagian detail dari tinta yang digoreskan di atas media lukis. Maka dari itu kesehatan mata penting bagi pelukis. Namun apa jadinya jika pelukis kehilangan kemampuan melihat alias buta?

Kebutaan ternyata bukan penghalang untuk menjadi pelukis hebat. Beberapa pelukis dari penjuru dunia tetap mampu berkarya meski mereka tidak dapat melihat. Walau demikian, para pelukis buta tersebut sangat berbakat dan berprestasi lho. Nah yuk kita simak 7 pelukis buta dengan karya yang mencengangkan dilansir dari reacho.in (23/10)

 

1. Michael Williams

pelukis buta © reacho.in


Seniman asal Memphis, MIchael Williams, memiliki keterbatasan dalam melihat. Ia sudah tertarik dengan dunia melukis sejak remaja. Sayang, ketika berusia 20 tahun ia terserang penyakit yang membuat penglihatannya terganggu. Walaupun tidak dapat melihat, Michael tetap meneruskan kegemarannya dalam melukis. Kini ia menjadi spesialis melukis di atas kaca dan menghasilkan karya yang mencengangkan.

 

2. Keith Salmon

pelukis buta © reacho.in


Pelukis asal Inggris ini memiliki bakat dan semangat melukis yang tak pernah padam. Ia sudah lama menekuni bidang seni dan menjadi sangat terkenal mulai tahun 1983. Sayangnya pada tahun 1989 ia terserang penyakit diabetes yang membuatnya kehilangan kemampuan melihat. Walau demikian ia tetap melanjutkan melukis dan menghasilkan karya yang indah.

 

3. Sargy Mann

pelukis buta © reacho.in


Pelukis asal Inggris, Sargy Mann mulai kehilangan kemampuan melihat ketika berusia 30 tahun. Matanya menjadi kabur dan buta seutuhnya saat ia beruia 68 tahun tepat di hari ulang tahunnya. Karya Sargy sangat indah walaupun dibuat dengan kemampuan melihat yang minim bahkan buta. Sargy meninggal pada tahun 2015 silam.

 

4. Benode Behari Mukherjee

pelukis buta © reacho.in


Pada awal tahun 1900-an, ada pelukis India yang sangat berbakat. Adalah Benode Behari Mukherjee pria buta yang justru ingin melukis. Dengan kondisi buta, ia datang ke sekolah lukis dan minta diajari melukis. Alhasil ia menjadi pelukis hebat dimasanya dan mempunyai banyak murid.

 

5. Jeff Hanson

pelukis buta Headline © reacho.in


Kebutaan tidak akan menghalangi bakat Jeff Hanson dalam melukis. Pria asal Amerika ini harus kehilangan kemampuan melihat ketika masih kecil karena sebuah tumor otak. Walaupun telah buta, Jeff tetap belajar melukis hingga menguasai sebuah teknik lukis yakni impesto. Karyanya pun banyak dikagumi kolektor kelas dunia seperti John Cena dan Dale Earnhardt.

 

6. Esref Armagan

pelukis buta © reacho.in


Pelukis asal Turki ini terlahir dengan sebelah mata tidak bisa digunakan untuk melihat. Ketika berusia 8 tahun ia justru mengalami kebutaan total. Walau demikiam, Esref tetap tekun melukis dan mengahsilkan karya lukis yang mengagumkan. Esref dapat melukis benda dengan sangat simetris dan juga dapa membuat lukisan timbul tiga dimensi. Banyak ilmuwan kagum karena bagi mereka sangat mustahil untuk seseorang buta menghasilkan karya sedetail itu.

 

7. John Bramblitt

pelukis buta © reacho.in


Jika sudah menjadi kecintaan, apapun kondisinya hobi harus tetap dilakukan. Begitupun John Bramblitt, pelukis asal Amerika yang tetap menciptakan karya meski buta. John mengalami kebutaan ketika menginjak usia 30 tahun. Ia buta sebab terkena penyakit epilepsi. Berkat karyanya dan semangatnya ia mendapatkan penghargan dari Presiden Amerika Serikat.