Brilio.net - Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg pernah mengunggah sebuah foto dengan latar meja kerjanya. Di situ tampak laptop yang tengah dia gunakan. Jika dilihat secara jeli, ada yang sedikit ganjil pada MacBook miliknya. Tampak webcam di atas layar dan mikrofon di sebelah kiri keyboard ditutupi dengan selotip.

Dikutip dari Telegraph, Zuckerberg bukanlah orang pertama yang melakukan hal itu. James Comey, direktur FBI, juga mengungkapkan bahwa dia menutupi webcam-nya dengan selotip. Hal ini berkaitan dengan keamanan digital. Hacker bisa mendapatkan akses ke perangkat komputer seseorang dengan menggunakan trojan remote-access ketika webcam dan mikrofon dibiarkan terbuka.

MacBook Zuckerberg  © 2017 facebook

Edward Snowden, pembocor informasi program mata-mata rahasia National Security Agency (NSA) kepada pers menuturkan bahwa badan intelijen Britania Raya Government Communications Headquarters (GCHQ) menjalankan sebuah program yang disebut "Optic Nerve" yang menggunakan obrolan web Yahoo untuk menangkap gambar dari jutaan akun.

Dikutip dari nytimes, sebuah laporan pada 2015 dari organisasi nirlaba Digital Citizens Alliance menyebutkan bahwa praktik hack adalah masalah yang sedang berkembang bagi konsumen, terutama wanita muda. Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa trojan menyumbang sekitar 70 persen dari semua malware.

Loading...

"Mereka telah menjadi salah satu jenis malware yang paling populer di setiap sistem operasi, untuk waktu yang cukup lama," kata Myers, dari prerusahaan pemroduksi anti-virus and firewall berbasis di Slovakia, ESET.

"Cara terbaik untuk melindungi mereka adalah memperbarui semua perangkat lunak Anda di komputer secara teratur, dan menggunakan perangkat lunak keamanan ternama, termasuk anti-malware dan firewall." tambahnya.