Brilio.net - Kompetisi kreativitas untuk mengembangkan inovasi sudah banyak diselenggarakan di mana-mana. Tapi kompetisi kreativitas yang membawa semangat nilai-nilai kegunaan bagi hajat orang banyak, cuma Black Innovation 2016 jawabannya.

Kompetisi yang diprakarsai BlackXperience.com ini mengusung tema "Convert your Ideas into Values" dalam Black Innovation 2016. Di sini kamu, para kreator dan innovator bisa unjuk gigi atas inovasi produk yang berkaitan dengan internet/digital (Internet of Things/IoT). Jadi nggak cuma terkait inovasi produk yang digunakan sehari-hari. Misalnya aja pengaplikasian informasi kota pintar (smart city), seperti informasi banjir, notifikasi gempa dan tsunami, atau sekadar aplikasi digital dalam rumah tangga.

"Kompetisi inovasi Black Innovation 2016 merupakan bentuk inisiatif berkelanjutan untuk mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat. BlackXperience.com membuka ruang berkreasi anak bangsa yang pada dasarnya kaya akan pemikiran ide inovasi untuk Indonesia," tutur Dhirgantara dari BlackXperience.com, sebagaimana dikutip dari press release, Senin (5/9).

Pernyataan Dhirgantara di atas bukan isapan jempol belaka. Faktanya, kompetisi ini sudah menemukan kreator dan inovator yang punya produk brilian dan bermanfaat. Berikut contoh karya Black Innovation 2016, sebagaimana dikutip brilio.net dari akun YouTube JoezaEza:

1. Basobox oleh Abdul Halim

 



2. Setrika Anti Bolong oleh Haidiri Furqoni Romadon

 


3. Meja Setrika Portable oleh Ansori Tison


Nah, gimana caranya kamu biar keren seperti mereka? Kamu bisa mendaftarkan ide atau desain produk inovasi dalam Black Innovation 2016 secara online melalui Black Innovation.blackxperience.com. Pendaftaran terbuka untuk umum mulai dari Agustus 2016 hingga November 2016. Kemudian peserta kompetisi Black Innovation 2016 akan melewati fase penyeleksian (screening) oleh penjurian internal, presentasi, mentoring, dan penjurian pada bulan November 2016.

Sebanyak 30 peserta terbaik akan melakukan presentasi penjurian pada akhir November 2016. Kemudian kamu yang tersaring ke dalam 15 peserta terbaik akan lanjut ke tahapan penjurian dan mentoring, mulai dari pembuatan ide inovasi sampai mock-up (contoh produk). Selanjutnya kamu akan kembali presentasi di depan para juri.

Penjurian Black Innovation 2016 dilakukan secara independen oleh tujuh juri pengamat dan praktisi inovasi. Danny Oei Wirianto (CMO GDP Venture), M Yukka Harlanda (CEO Bro.Do), Achmad Fadillah (Desainer Produk), Aulia Faqih (CEO & Founder dirakit.com), Svasti Manggalia (Owner Svas Living), Rama Raditya (CEO Qlue), dan Budi Suwarna (Jurnalis Senior) akan melakukan penjurian saat presentasi inovasi peserta.

Black Innovation 2016 ini sudah menyiapkan total hadiah berupa uang tunai untuk para pemenang dan paket perjalanan Innovation Journey ke industri kreatif di luar negeri, lho. Keren, kan?

Sementara itu, BlackXperience.com juga menggelar kegiatan diskusi Black Innovation Roadshow mengenai inovasi di berbagai kampus dengan menghadirkan juri Black Innovation 2016 pada periode pendaftaran peserta.

Black Innovation Roadshow ini akan hadir di lima kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Malang. Rencananya roadshow dilakukan pada September 2016. "Kehadiran kami di berbagai kampus tersebut untuk memberikan motivasi berinovasi bagi civitas akademi yang pada dasarnya memiliki energi gagasan yang cukup besar. BlackXperience akan berbagi pengalaman dan berdiskusi terkait ide inovasi yang dapat dikembangkan untuk kehidupan masyarakat di Indonesia. Di kampus yang dikunjungi, Black Innovation 2016 juga akan membuka pendaftaran bagi calon peserta yang ingin mendaftarkan ide gagasan inovasinya," pungkas Dhirgantara.

Jadi, tunggu apalagi? Tunjukkan karyamu di Black Innovation 2016 sekarang juga!