Brilio.net - Tisu merupakan salah satu barang sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat karena memiliki banyak fungsi. Tisu juga punya banyak jenis. Ada tisu wajah, tisu toilet, bahkan tisu makanan.

Kalau bicara harga, harga tisu di pasaran tidak terlalu mahal alias masih bisa dijangkau. Tapi bagaimana dengan tisu satu ini?

Dilansir brilio.net dari Mynewshub, Minggu (24/12), kalau dilihat dari bentuknya tidak ada yang beda dari tisu ini. Namun ternyata tisu ini sangat spesial karena dibuat dari kotoran panda!

Sebuah Pusat Penyelidikan dan Pemeliharaan Panda raksasa South China Morning Post (SCMP) dan perusahaan tisu Sinchuan Jianwei Fengsheng bekerja sama untuk memproduksi tisu unik ini.

Proses pembuatan tisu juga memerlukan suhu yang tinggi. Selain itu tentu prosesnya juga cukup sulit. Tak heran bila tisu ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal yakni 43 yuan atau sekitar Rp 88.608.

Loading...

“Kami memastikan tisu-tisu ini bisa menembus pasar global, Amerika Serikat dan Uni Eropa,” kata pengurus Sichuan Jianwei Fengsheng, Zhou Chuanping.

Seorang peneliti bernama Huang Yen mengatakan panda raksasa bisa menghasilkan 10 kg kotoran per hari. Setiap pusat panda bisa memelihara lebih dari 300 ekor panda di Wolong, Bifengxia, dan Dujiangyan.

Di China, kotoran panda juga dijadikan pupuk terbaik untuk teh. Tak heran bila teh yang diberi nama teh panda ini menjadi teh termahal di dunia.

Hmmm... Sobat Brilio tertarik mencoba tisu dan tehnya?