Brilio.net - Dunia e-commerce Indonesia saat ini ibarat cendawan di musim hujan. Tumbuh di mana-mana. Menariknya, rata-rata e-commerce di Indonesia dijalankan anak-anak muda kreatif lho.

Salah satunya adalah Local.co.id yang didirikan Sayed Muhammad, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia bersama tiga rekannya pada tahun 2011 silam. Ya, tapi sekarang sih Local.co.id hanya dijalankan Sayed sebagai CEO dan Radhian Nur Alia sebagai COO.

Keberadaan Local.co.id di pasar e-commerce Tanah Air nggak bisa dianggap enteng lho. Terlebih jika menyangkut produk-produk lokal.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Maklum deh, lahirnya Local.co.id berangkat dari sebuah semangat ingin memajukan young entrepreneurs lokal yang kurang mendapatkan distributions channel di bidang online.

Padahal, saat itu industri kreatif Indonesia lagi happening banget, baik di bidang fashion, kuliner, maupun musik. Ya ibaratnya saat itu create movement local sedang tumbuh tapi nggak ada saluran yang memadai.

“Kami melihat ada sebuah opportunity yang besar untuk didukung melalui distribution channel yang pada waktu itu masih sangat kurang,” ujar Sayed.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Dari situlah muncul ide melahirkan Local.co.id untuk dijadikan payung menaunggi semua gerakan movement local dengan fokus pada industri kreatif. Tahun ini Local.co.id membuat dua event terbaru yaitu LocalStartupFest dan Urban Sneaker Society.

Awalnya Sayed dan rekan-rekannya mendirikan LocalBrand.co.id bertepatan dengan boomingnya perkembangan startup di Indonesia, khususnya dibidang e-commerce mode. Masyarakat saat itu juga makin akrab dengan belanja online.

Berbeda dengan e-commerce mode lain, LocalBrand.co.id hanya fokus pada merek-merek mode lokal di Indonesia. Bermula dari hanya 30 merek mode lokal, kini LocalBrand.co.id telah memiliki sekitar lebih dari 250 merek mode lokal yang tergabung mulai dari produk celana, gaun, aksesoris, tas, sepatu, topi.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Sejumlah merek sudah dikenal publik, seperti Hippearce, produk aksesori yang digawangi aktris dan model Pevita Pearce. Selain itu ada pula Komma, Kluw, OSEM, Luggos.co, Tap Shoes dan masih banyak lagi.

Buat cowok, beberapa merek di antaranya Erigo, Taylor Fine Goods, Gravity Element, Kotone, HeyJacker, dan Easy Made co. Nggak heran deh jika LocalBrand.co.id layaknya mall fashion online yang menyediakan berbagai merek lokal dari seluruh Indonesia.

Nah, dalam perkembangannya, LocalBrand.co.id melihat ada sinergi sesama pelaku bisnis industri kreatif. Lalu, Local.co.id pun melansir unit bisnis berikutnya, LocalFest.co.id pada 2013 silam.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Ini adalah sebuah festival kreatif tempat para pelaku e-commerce dan pembeli berkumpul dan berinteraksi. Awalnya Sayed tidak berpikir menjadikan LocalFest sebagai sebuah unit bisnis.

Namun, ia melihat adanya pembaruan produk, koleksi, dan karya yang konsisten dari para pelaku industri kreatif. Dari situ akhirnya ia memutuskan menggelar LocalFest rutin setiap tahun dengan konten-konten yang segar.

Setahun kemudian, Sayed menemukan peluang baru. Banyak permintaan dari tenant kuliner untuk meramaikan LocalFest. Hingga akhirnya ia pun menggelar festival khusus kuliner bertajuk LocalTaste yang jadi unit bisnis Local.co.id. Di acara ini, pengunjung dimanjakan dengan berbagai macam menu yang nikmat dan unik.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Ketiga bisnis unit ini Local.co.id memfokuskan bisnisnya kepada support local khususnya dibidang kreatif. Ini menjadikan Local.co.id bukan hanya sekedar entitas bisnis tetapi platform yang terintegrasi.

Model bisnis Local.co.id adalah fee atau konsinyasi yang didapat dari karya atau jasa yang dijual. Namun, hal itu tidak diterapkan di semua unit bisnis, beberapa di antaranya menerapkan model bisnis Buisiness to Buisiness (B2B), seperti LocalFest.co.id yang mendapatkan pendapatan dari event.

Oh ya, LocalBrand.co.id juga selalu memanfaatkan momen untuk makin dikenal masyarakat. Di bulan Ramadan ini misalnya, LocalBrand.co.id ngasih diskon hingga 50% lho mulai dari diskon baju, celana, gaun, dan aksesoris.

Local Brand  © 2017 brilio.net

localbrand.co.id

Kalau kamu masih penasaran, coba deh follow akun instagramnya di @locabrandid atau klik di sini.  

Ya, sesuai namanya, Local.co.id ingin menyadarkan masyarakat bahwa Indonesia memiliki banyak merek lokal berkualitas yang nggak kalah dengan produk luar.

 

(brl/red)