×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dulu kumuh, 6 kawasan di Jakarta ini sekarang jadi keren

View Image

0

BRILIO » Wow

Dulu kumuh, 6 kawasan di Jakarta ini sekarang jadi keren

foto: Instagram/@aniesbaswedan

Di jakarta sekarang banyak ruang publik layak anak.

09 / 02 / 2019 07:03

Brilio.net - Sebagaimana diketahui bahwa Jakarta merupakan ibu kota negara, pusat pemerintahan dan sekaligus sentral perekonomian negara. Tak heran jika Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Banyak orang yang datang ke Jakarta untuk mengadu nasib, sampai-sampai Jakarta dikenal dengan dengan kawasan yang cukup padat. Dengan luas wilayah yang relatif stabil, arus urbanisasi yang tidak terbendung, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan, mulai dari kepadatan penduduk, kebutuhan lahan permukiman yang meningkat dan lain sebagainya.

Kawasan kumuh juga tak lepas dari sorotan, bisa dikatakan Jakarta memiliki kawasan kumuh yang cukup tinggi. Kondisi sosial demografi di kawasan kumuh pun cukup memprihatinkan, seperti kondisi lingkungan yang tak layak huni, serta minimnya fasilitas pendidikan. Namun kini perubahan sudah mulai sedikit terjadi, seperti halnya yang ramai diberitakan, bahwa beberapa kawasan kumuh di Jakarta disulap menjadi kawasan yang begitu indah.

Namun seiring berjalannya waktu, wajah ibu kota Indonesia ini sudah banyak berubah. Gubernur dan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno melaksanakan salah satu program kerja, yaitu penataan kampung kumuh di Ibu Kota. Hasilnya pun sudah bisa dirasakan, di antaranya dengan terbentuknya kawasan yang cukup bersih dan layak. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (8/2), berikut ini beberapa kawasan yang tadinya kumuh kini menjadi tampat yang indah.

1. Lahan kosong di Kalimalang.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

Loading...

foto: Instagram/@ijoeel

Sebelum menjadi taman piknik, dulu lahan kosong Kalimalang ini merupakan tempat kumuh yang dipenuhi banyak sampah. Namun kini lahan kosong tersebut disulap menjadi kawasan yang indah dan menjadi salah satu kawasan yang begitu disukai oleh masyarakat Jakarta. Layaknya sebuah taman, kawasan ini dilengkapi dengan kolam retensi dan bioswale (penyaring polutan) sebagai tempat pengendalian air.

Tak hanya taman piknik saja, namun Gubernur Anies juga mengubah beberapa taman lainnya, seperti Taman Maju Bersama Taman Lalu Lintas yang berlokasi di Tebet Jakarta Selatan, Taman Maju Bersama di Lebak Bulus dan Taman Maju Bersama di Pasar Minggu.

2. Kolong jalan Tol Wiyoto Wiyono.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

foto: Instagram/@ijoeel

Dulunya, kawasan Jalan Tol Wiyono Wiyono ini begitu kumuh, karena dipenuhi banyak sampah. Sebenarnya, kawasan ini bukan tak mendapat perhatian, namun kurang pedulinya masyarakat terhadap kebersihan, setiap kali dibersihkan, namun tetap saja ada yang membuang sampah di kawasan ini. "Sebenarnya sudah pernah dibersihkan oleh @dinaslhdki pada April tahun lalu, namun sayangnya warga masih saja membuang sampah di situ," kata Anies melalui akun Instagramnya.

Kini kolong jalan tol Wiyoto Wiyono menjadi salah satu kawasan yang begitu menarik untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat.

3. Kolong flyover Slipi.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

foto: Instagram/@ijoeel

Tak juah berbeda dari kolong jalan Tol Wiyoto Wiyono, kolong flyover Slipi juga kerap dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun kini masyarakat sudah bisa memanfaatkan untuk bermain dan bersantai. Warga juga bisa membantu menghias taman ini. Nah biasanya, kawasan ini dipenuhi komunitas skateboard dan komunitas mural.

4. Kali Besar.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

foto: Instagram/@sheratonjakarta

Penampilan Kali Besar, Kota Tua, Jakarta Barat kini begitu indah. Bahkan terlihat seperti di Korea Selatan. Tak heran, kawasan ini tercipta karena terinspirasi dari penataan Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Proyek ini merupakan gagasan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan diresmikan era Gubernur DKI Anies Baswedan.

5. Kolong rel sawah besar.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

foto: merdeka.com

Berawal dari kurangnya lahan bermain untuk anak, akhirnya pemerintahan memutar otak untuk mencari lokasi untuk membangun ruang publik terpadu ramah anak ( RPTRA) bagi warga Jakarta. Salah satu lokasi yang dipilih menjadi RPTRA yaitu kolong pelintasan kereta api di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kini Anak-anak bisa menggunakan kawasan ini untuk bermain. Sejumlah fasilitas permainan anak-anak, seperti ayunan dan prosotan tersedia di RPTRA ini.

6. Kalijodo.

Kawasan kumuh di Jakarta istimewa

foto: Instagram/@baka.neko.baka

Pada masa Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia mengubah lokasi bekas prostitusi di Kalijodo menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang di dalamnya terdapat fasilitas berupa area skate park dan area sepeda BMX. Ahok menargetkan pembangunan itu akan selesai akhir tahun ini. Hingga kini, kawasan ini masih bisa dinikmati.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    68%

  • Ngakak!

    5%

  • Wow!

    26%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more