Brilio.net - Dalam bekerja, pasti kamu akan menemui banyak fase. Tidak selalu mulus, kamu juga ada kalanya akan bertemu dengan fase di mana kamu ingin berhenti. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh rasa ketidaknyamanan yang sudah tidak bisa kamu toleransi.

Perasaan ini akan membuat kamu ingin berhenti dari pekerjaan yang kamu lakukan di tempat kerja. Apalagi jika ada konflik yang semakin membuat kamu tertekan tentu kamu semakin ingin segera mengundurkan diri.

Jika kamu telah mengambil keputusan yang bulat untuk berhenti dari perusahaan atau instansi tersebut, pastikan kamu mengikuti proses resign atau pengunduran diri yang berlaku di instansi atau perusahaan tempat kamu bekerja.

Agar lebih terhormat dan sopan saat mengundurkan diri, kamu harus membuat surat pengunduran diri. Hal ini bukan hanya sekedar formalitas tetapi juga sebuah keharusan. Dengan adanya surat pengunduran diri yang kamu buat, menunjukkan bahwa kamu adalah pegawai atau karyawan yang baik.

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri beserta cara membuatnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/12).

Loading...

1. Contoh surat pengunduran diri untuk pekerja pemerintah.

surat resign istimewa

foto: Instagram/@triasbogor

- Tulis waktu dan tempat surat resign di sebelah kanan atas tetapi bisa juga di kiri seperti gambar di atas.

- Beri nama dan alamat tujuan surat dengan jelas di sebelah kiri atau kanan atas tetapi lebih disarankan di bagian kiri.

- Beri pendahuluan yang singkat dan tidak bertele-tele.

- Sampaikan permohonan maaf atas beberapa sikap dalam bekerja yang tidak profesional.

- Berikan ucapakan terima kasih kepada pemimpin perusahaan dan instansi atas pengalaman yang telah diberikan selama bekerja.

- Sampaikan alasan berhenti bekerja yang sopan, baik, masuk akal dan tidak mencela rekan kerja atau instansi kamu bekerja.

- Berikan keterangan hari dan waktu kamu akan berhenti bekerja dari instansi tersebut.

- Berikan doa yang baik kepada perusahaan.

- Sebaiknya isi surat dibuat to the point dan tidak bertele-tele. Sehingga maksud dari surat tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan jelas kepada perusahaan.

- Bubuhkan tanda tangan dan nama terang di bagian kiri atau kanan bawah.

- Sertakan materai.

2. Contoh surat pengunduran diri untuk perusahaan swasta.

surat resign istimewa

foto: Instagram/@handayani412.sh

- Tulis waktu dan tempat surat resign di sebelah kanan atas tetapi bisa juga di kiri seperti gambar di atas.

- Beri nama dan alamat tujuan surat dengan jelas di sebelah kiri atau kanan atas tetapi lebih disarankan di bagian kiri.

- Sampaikan maksud pengunduran diri dengan jelas dan jabatan terakhir kamu.

- Berikan keterangan waktu pengunduran diri secara detail.

- Ucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan selama bekerja di tempat tersebut.

- Sampaikan permohonan maaf kepada instansi dan rekan kerja atas kesalahan dan ketidakprofesinal-an selama bekerja.

- Beri doa terbaik untuk perusahaan.

- Berikan tanda tangan di bagian kiri bawah dan materai.

Manfaat surat pengunduran diri

Tentu sesuatu yang dibuat memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing. Termasuk dalam membuat surat pengunduran diri. Selain terlihat sopan dan terhormat, surat resign ini memiliki beberapa manfaat lainnya.

Surat pengunduran diri adalah sebuah jenis surat bersifat resmi yang berisi permohonan kepada atasan untuk berhenti dari pekerjaan baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Saat kamu mengajukan surat ini, pastikan kamu memberikan alasan yang masuk akal dan tidak bertele-tele.

Yang paling utama dan perlu kamu perhatikan adalah tidak menyinggung perusahaan atas keputusan kamu berhenti bekerja. Meskipun, alasan kamu berhenti memang disebabkan oleh beberapa faktor yang dari perusahaan yang tidak sesuai harapan kamu. Berikut adalah beberapa manfaat dari surat pengunduran diri, yakni:

1. Menentukan jelas atau tidaknya status seseorang dalam sebuah perusahaan atau instansi.

Dengan memberikan surat pengunduran diri kepada perusahaan, perusahaan dimana kamu bekerja pun memiliki datayang jelas akan karyawan atau pegawainya. Selain itu, status seseorang dalam perusahaan juga menjadi jelas tentunya untuk status kamu sendiri.

2. Dinilai lebih terhormat dan profesional.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan adanya surat pengunduran diri kamu pun akan dinilai sebagai pribadi yang sopan dan memiliki tata karama. Dengan mengundurkan diri secara resmi, kamu pun terlihat lebih profesional sebagai pekerja. Lain halnya jika kamu pergi dari instansi tanpa pamit dan surat pengunduran diri maka kamu akan dianggap kabur dan tidak profesional.

3. Perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti.

Jika kamu mengajukan surat resign, biasanya kamu akan memberikannya sebelum waktu atau hari di mana kamu berhenti bekerja. Contohnya, jika kamu akan resign pada 13 Desember 2019, maka kamu akan mengajukan surat pengunduran diri sebelum tanggal tersebut.

Hal ini tentu memiliki maksud tersendiri, tidak lain adalah untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mencari pengganti posisi yang kamu tinggalkan. Sehingga, pekerjaan yang kamu tinggalkan tidak akan terbengkalai dan kembali berjalan lancar seperti biasanya. Kamu pun juga mendapat kesan yang baik.

reporter: hameda rachma