Brilio.net - Pancasila dikenal sebagai pedoman hidup masyarakat Indonesia. Sebab mengandung nilai-nilai kehidupan yang melekat pada masyarakat. Setiap butir Pancasila memiliki kaitan satu sama lainnya. Salah satu butir Pancasila yang penting untuk diterapkan di rumah yaitu sila ke-4.

Dalam sila ke-4 berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan". Pada konteks ini, butir sila ke-4 menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kedudukan yang sama, hak, maupun kewajibannya.

Selain itu, tidak adanya paksaan antara satu dengan yang lainnya sehingga setiap orang berhak menyuarakan pendapat atau mengambil keputusan atas kehendaknya sendiri.

Nah sila ke-4 Pancasila ini dapat diterapkan dirumah. Dimana orang tua mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menerapkan nilai-nilai di rumah secara merdeka. Lantas bagaimana penerapan sila ke-4 Pancasila ini di rumah?.

Berikut contoh penerapan sila ke-4 di rumah yang bisa menjadi referensi kamu dalam kehidupan sehari-hari, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/5).