Brilio.net - Kalian ngerasa nggak kalau bumi semakin panas? Apalagi buat kalian yang tinggal di perkotaan, berasa nggak ada udara segar. Suhu udara yang tinggi bisa bikin kamu lemas dan dehidrasi serta rentan mengalami stres panas, kondisi dimana tubuh sulit mengatur suhu.

Biasanya kalau sudah ngerasa panas banget kamu akan mencari ruang dingin dengan AC atau minimal berada di depan kipas angin. Lalu bagaimana buat kalian yang malas bayar tagihan listrik berlebih hanya karena AC? Kini sudah ada solusinya lho Guys.

Sebuah proyek yang ada di Bangladesh diberi nama Eco-Cooler, bikin kamu bisa ngerasain sejuknya AC hanya dengan botol minuman. Wah, selain dapat AC tanpa listrik, ternyata bisa bantu melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan botol bekas!

Berawal dari permasalahan di sebuah daerah di Bangladesh, seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (17/6), dimana di tempat itu listrik sama sekali belum terjangkau. Terlebih dengan suhu panas di daerah tersebut tak ayal bisa membuat hidup mereka tersiksa. Dengan adanya Eco-cooler, saat ini ada sekitar 25.000 rumah yang sudah memakai AC dari botol plastik ini. Berikut langkah cara pembuatannya:

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Pertama, kamu butuh kayu tripleks, kemudian lubangi kayu tersebut seukuran leher botol yang akan kamu pakai.

ac botol plastik © 2016 brilio.net

2. Potong botol menjadi dua, kemudian bagian tutup botol juga serupa.

ac botol plastik © 2016 brilio.net

3. Kemudian kamu tinggal memasukkan botol ke dalam lubang-lubang yang udah kamu bikin.

ac botol plastik © 2016 brilio.net

4. setelah itu kamu bisa pasang cardboard itu di jendela rumahmu, dengan catatan lubang tutup botol yang berada di dalam rumah ya..

ac botol plastik © 2016 brilio.net

Selengkapnya kamu bisa lihat video ini kalau masih bingung:

(brl/fen)