Brilio.net - Siapa sih yang nggak tahu anime? Animasi asal Jepang yang digambar dengan tangan maupun teknologi komputer ini biasanya menemani Minggu pagimu semasa kecil. Sebut saja seperti Doraemon, Dragon Ball, Crayon Shinchan, dan masih banyak lagi.

Tokoh kartun dan jalan cerita yang menarik jadi alasan tayangan anime kerap ditunggu, terutama oleh anak-anak. Tak hanya itu, penggambaran setting tempat yang detail juga membuat anime semakin menarik ditonton.

Tak jarang, latar belakang lokasi anime yang memukau tersebut benar-benar ada di dunia nyata. Ya, para animator Jepang sering terinspirasi dari lokasi nyata di suatu negara saat menciptakan karya. Kebanyakan mereka mengambil setting lokasi-lokasi ikonik dan indah di Jepang.

Tak hanya di Jepang, beberapa anime juga mengambil latar belakang lokasi ikonik dan keindahan Indonesia, lho. Salah satunya iklan Pocari Sweat Bintang SMA dalam format anime yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu.

Penasaran, kan? Yuk, simak perbandingan empat lokasi anime vs dunia nyata dengan latar belakang Indonesia berikut ini seperti dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (22/10).

1. Gapura dan patung khas Bali yang kerap ditemui di pura dan tempat suci Hindu ini muncul pada beberapa adegan iklan Pocari Sweat Bintang SMA. Detailnya bikin kagum!

Berlatar belakang Indonesia, ini beda 4 lokasi anime vs dunia nyata berbagai sumber

foto: TVC Pocari dan shutterstock.com

2. Tak ketinggalan, indahnya pantai di Bali yang tersohor hingga mancanegara juga jadi setting iklan minuman isotonik asal Jepang ini.

Berlatar belakang Indonesia, ini beda 4 lokasi anime vs dunia nyata berbagai sumber

foto: TVC Pocari dan shutterstock.com

 

3. Mengambil latar tempat di Bali dan Jakarta, iklan anime ini juga menampilkan megahnya bangunan tertinggi kedua di Indonesia, Wisma 46 sebuah bank milik negara.

Berlatar belakang Indonesia, ini beda 4 lokasi anime vs dunia nyata berbagai sumber

foto: TVC Pocari dan shutterstock.com

4. Animator Jepang yang ada di belakang iklan Pocari Sweat ini berhasil menggambarkan hiruk pikuk kota Jakarta lewat salah satu ikonnya, yaitu Bundaran HI.

Berlatar belakang Indonesia, ini beda 4 lokasi anime vs dunia nyata berbagai sumber

foto: TVC Pocari dan shutterstock.com

 

Setelah melihat perbandingan lokasi anime dan dunia nyata di atas, hasil gambar anime dan tempat asli ternyata tidak jauh berbeda kan? Hasil gambar anime penuh detail ini mungkin akan mengingatkanmu pada salah satu film anime terkenal Kimi No Nawa atau dikenal juga dengan judul Your Name.

Tak mengherankan, orang di balik iklan anime Pocari Sweat Bintang SMA ini adalah Shinomiya Yoshitoshi. Pria 39 tahun ini merupakan salah satu animator film Kimi No Nawa.

Berlatar belakang Indonesia, ini beda 4 lokasi anime vs dunia nyata berbagai sumber

foto: shinomiya.main.jp

Selain terlibat langsung dalam Kimi No Nawa, pria yang meraih gelar doktor dari Tokyo University of the Arts pada 2008 ini juga kerap jadi orang di balik layar proyek-proyek animasi populer. Mulai dari film Kotonoha o Niwa atau The Garden of Words (2013), film pendek anime 4D Tokino intersection Shibuya Vernacular (2018), hingga poster film Pokemon the Movie: I Choose You! (2017).

Kemampuan Shinomiya dalam bidang anime tidak perlu diragukan, pria kelahiran Kanagawa ini telah menerima beberapa penghargaan bergengsi selama kariernya. Terbaru, ia mendapat penghargaan dari Yoshino Gypsum Art Promotion Foundation “Exhibition Grant for Young Japanese Painters” pada 2017.

Kabar baiknya, kini kamu bisa bertemu langsung dengan Shinomiya Yoshitoshi di Pocari Sweat Festival pada 16 November 2019 mendatang. Nggak cuma bertatap muka, kamu juga bisa melihat keseruan behind the scene saat Shinomiya membuat anime Pocari Sweat Bintang SMA di Booth Anime yang ada di Pocari Sweat Festival. Untuk tahu lebih lanjut, kamu bisa lihat behind the scene di video berikut.


Selain sesi tanya jawab langsung dengan Shinomiya di panggung utama, buat kamu yang masih penasaran bisa bertanya langsung ke tim Shinomiya di booth mereka. Kerennya lagi, di booth juga menghadirkan proses pengerjaan karya Shinomiya yakni TVC Pocari Sweat yang bisa kamu abadikan.

Acara yang digelar di Basket Hall A Gelora Bung Karno Senayan ini juga akan menampilkan acara grand final Bintang SMA. Selain itu, akan ada kompetisi E-Sport dan modern dance competition serta workshop #Trashtagram yang bisa kamu ikuti. Deretan penampil keren juga akan menghiburmu seperti RAN, Diskoria Selekta, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Dapatkan segera tiketmu secara online hanya di sini