Brilio.net - Lebih dari seabad yang lalu, belalang menemui cara menuju keabadian seni. Serangga itu ditemukan tertanam dalam lukisan 'Olive Trees' karya Vincent van Gogh. Belalang tersebut ditemukan tahun 1890 oleh seorang pejabat di Museum Seni Nelson-Atkins di Kota Kansas. Museum tersebut mengumumkan penemuan ini pada Senin, (6/11) lalu.

belalang lukisan van gogh  © 2017 berbagai sumber

foto: The Nelson-Atkins Museum of Art

Sebagai bagian dari sebuah proyek penelitian untuk meneliti 104 lukisan, Mary Schafer yang merupakan konservatori lukisan museum melihat dengan kaca pembesar bahwa ada seekor serangga. Serangga itu terletak di 'latar depan yang lebih rendah dari pemandangan' dari 'Olive Trees' yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

belalang lukisan van gogh  © 2017 berbagai sumber

Loading...

foto: The Nelson-Atkins Museum of Art

"Bukan hal yang aneh jika menemukan serangga atau bahan tanaman dalam lukisan yang diselesaikan di luar rumah," kata Schafer dalam sebuah pernyataan seperti dilansir brilio.net dari laman New York Times, Senin (4/12).

"Tapi dalam kasus ini, kami penasaran apakah belalang itu bisa digunakan untuk mengidentifikasi musim tertentu di mana karya ini dilukis." tambahnya.

Museum tersebut meminta tolong kepada Dr Michael S Engel yang merupakan seorang profesor ekologi dan biologi evolusioner di University of Kansas. Profesor itu menjelaskan bahwa belalang tersebut mati sebelum mendarat di kanvas van Gogh karena tidak ada gerakan di sekitarnya. Tidak ada yang tahu lebih jauh tentang tahun di mana lukisan tersebut dibuat.

Van Gogh sendiri meninggal pada tahun 1890, setahun setelah ia menyelesaikan 'Olive Trees'. Pada tahun 1885, van Gogh telah menggambarkan rasa frustasinya dengan mengerjakan pemandangan di luar seperti diungkapkannya dalam sebuah surat kepada saudaranya, Theo.

"Tapi hanya pergi dan duduk di luar rumah, melukis di tempat itu sendirian! Lalu segala macam hal seperti berikut terjadi, saya pasti telah mengambil seratus lalat yang bagus dan lebih banyak lagi dari empat kanvas yang akan kamu dapatkan, belum lagi debu dan pasir," ujarnya.