Brilio.net - Kita sudah terbiasa melihat benda-benda di sekitar dengan teknologi yang makin canggih. Namun pernahkah kamu melihat penampakan awal benda sehari-hari yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Brilio.net telah mengumpulkan daftarnya, termasuk barang-barang rumah tangga yang telah bertahan sampai hari ini. Dikutip dari Brightside, Minggu (26/3), berikut penampakan benda tertua di dunia yang pasti sering kamu lihat bentuknya sehari-hari.

1. Kaus kaki tertua (1.500 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: wikimedia.org

Kaus kaki wol dari Mesir ini dikenakan dengan sandal dan dibuat di suatu tempat antara 300 dan 499 Masehi. Kaus kaki yang memiliki desain kaki terpisah ini ditemukan di tanah pemakaman koloni Yunani kuno di Mesir pada abad ke-19.

Loading...

2. Kacamata tertua (800 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: canadacool.com

Kacamata hitam ini ditemukan di Kanada, tepatnya di Pulau Baffin. Kacamata ini dimaksudkan untuk melindungi mata dari sinar matahari yang dipantulkan oleh salju.

3. Sepatu tertua (5.500 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: news.nationalgeographic.com

Sepatu hak yang terbuat dari kulit lembu ini ditemukan di sebuah gua di Armenia. Sepatu yang hanya ditemukan bagian kanan ini diawetkan dengan bantuan rumput dan pupuk kandang domba.

4. Celana tertua (3.300 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: dainst.org/dai/meldungen

Celana ini ditemukan di Cina bagian barat. Para peneliti percaya bahwa celana ini dibuat dari tiga potong kain yang terpisah, 2 daerah kaki dan 1 selangkangan, baru kemudian dijahit menggunakan benang yang cocok. Desain kaki lurus dan bagian selangkangan yang lebar diduga menunjukkan bahwa celana ini muncul untuk digunakan saat berkuda.

5. Bra tertua (500 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: theatlantic.com

Bra ini dipakai oleh seseorang dari Austria pada periode 1390-1485. Meskipun bra tertua ini telah diawetkan, dalam manuskrip bra tersebut disebut sebagai 'kantung payudara'.

6. Tas tertua (4.500 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: news.nationalgeographic.com

Tas ini ditemukan di zaman modern Jerman. Terbuat dari kulit dan bahan yang telah terdegradasi, tas menjadi hanya tertutupi oleh puluhan gigi anjing. Gigi anjing juga ditemukan di hiasan rambut dan kalung, yang disimpulkan peneliti memang sedang tren kala itu.

7. Kondom tertua (370 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: genreauthor.blogspot.md

Kondom yang dapat digunakan kembali ini terbuat dari kulit domba dan digunakan di Swedia pada tahun 1600-an. Kondom itu bahkan telah diawetkan dan disarankan untuk dibersihkan dengan menggunakan susu hangat untuk membantu menghindari pengguna terkena penyakit kelamin.

8. Toilet tertua (2.000 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: chroniclesoflindsay.blogspot.md

Di kota kuno Ephesus, ada toilet umum flushable. Air yang mengalir di bawah mereka membawa limbah ke sungai terdekat.

9. Alat musik tertua (40.000 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: nytimes.com

Seruling yang terbuat dari tulang ini ditemukan di Jerman selatan. Alat musik pertama dibuat oleh orang-orang kuno dari tulang burung dan gading mammoth.

10. Koin tertua (2.700 tahun).

benda tertua © 2017 brightside.me-foto: fleur-de-coin.com

Koin tertua ditemukan di kota Hellenic kuno Ephesus, di zaman modern Turki. Koin ini dibuat dengan menggabungkan emas dan perak, dan memiliki desain kepala singa di satu sisi.