Brilio.net - Tak hanya di Indonesia, kemacetanpun menjadi permasalahan klasik di India. Wajar sih, jumlah penduduk India lebih dari 1 miliar, wow! Untuk mengatasi hal itu, pemerintah India membuat inovasi berupa penyediaan taksi tanpa supir yang akan melewati monopod yang sudah dibangun dan siap dipakai tahun ini.

taksi driverless india © 2016 brilio.net

foto : Huffingtonpost

Gurgaon, sebuah daerah pinggiran di kawasan New Delhi, India  berkesempatan mencicipi taksi tanpa sopir tersebut pertama kali. Jalur yang akan dilewati oleh taksi monopod ini adalah Gurgaon menuju ke MNC-perusahaan seperti Google, Microsoft dan Apple-yang membuat para pekerjanya bisa bolak-balik pulang dan bekerja mengendarai taksi itu. Sehingga diharapkan bisa mengurangi kemacetan.

taksi driverless india © 2016 brilio.netfoto : AmazingIndia

Loading...

Taksi tersebut memiliki kecepatan rata-rata 60km/jam dan bisa digunakan hingga 5-6 penumpang di satu kali perjalanan. Rencananya akan ada 16 stasiun di sepanjang 13 km jarak Gurgaon dengan MNC. Pilot program ini diharapkan bisa membawa 30.000 penumpang per harinya dan diperkirakan akan menelan biaya Rp 8.5 miliyar, yang mana itu lebih rendah daripada membangun jaringan metro dengan jarak yang sama.

Pemerintah India seperti dilansir brilio.net dari Mashable, Minggu (17/7) saat ini sedang memproses tawaran yang telah diterima dari perusahaan global untuk proyek selanjutnya, dan ditunggu sampai dengan bulan depan.

Wah ditunggu nih kalau udah beroperasi, Indonesia kapan ya?