Brilio.net - Perkembangan teknologi tidak pernah mengalami kemunduran, justru berkembang semakin pesat. Mulai dari komputer hingga jaringan internet, sudah jadi pegangan manusia modern. Perkembangan teknologi ini tentu sangat memudahkan aktivitas sehari-hari.

Para ilmuwan pun terus melakukan inovasi membuat teknologi tercanggih. Mereka sudah mendesain ide teknologi futuristik yang bakal ada di masa depan. Para ilmuwan mencoba menciptakan alat-alat yang semakin memudahkan kebutuhan manusia.

Fokus dari para ilmuwan ini ialah meningkatkan kemampuan teknologi yang ada saat ini. Caranya dengan menghilangkan batasan-batasan. Misalnya kini internet hanya bisa mengirim objek berbentuk teks, audio, video dan tak bisa mentransfer rasa. Namun para ilmuwan mencoba menerobos batasan itu. Dunia menjadi semakin terhubung, canggih dan praktis.

Apa saja sih penemuan-penemuan futiristik yang bakal ada di masa depan? Simak informasinya berikut ini, seperti dilansir brilio.net dari listverse.com, Jumat (14/6).

1. Alat kontrol kaki dan tangan palsu.

Loading...

Kehilangan tangan dan kaki tentu menjadi pukulan yang cukup berat bagi setiap orang. Jika sudah hilang, maka terpaksa harus pakai kaki dan tangan palsu.

Nah, di masa mendatang tak perlu khawatir, kini Defense Advanced Research Projects Agency menemukan cara mudah pakai kaki dan tangan palsu. Kelompok peneliti ini menemukan terobosan baru yakni membuat kaki dan tangan palsu terkoneksi dengan otak. Maka penggunanya dengan mudah mengendalikan kaki dan tangan palsu dengan sinyal dari otak.

2. Printer 3D pencetak makanan.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: sciencedaily.com

Printer kini telah sangat canggih. Ada beberapa printer yang bisa mencetak objek 3D. Peneliti dari Rice University bahkan berhasil menciptakan printer 3D yang dapat mencetak bentuk organ tubuh dengan sangat detail. Bahkan ketebalan, warna dan rumitnya jaringan tubuh tercetak dengan detail. Penemuan ini tentu sangat berguna untuk dunia medis.

3. Retina yang dapat memperbaiki kerusakan secara otomatis.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: sciencealert.com

Penyakit mata sangat sering terjadi, salah satunya kerusakan retina. Bahkan menurut WHO, setidaknya sudah ada 1,3 miliar orang di dunia menderita gangguan penglihatan. Maka butuh dilakukan implan retina.

Baru-baru ini, para ilmuwan membuat implan retina yang bekerja persis seperti retina asli. Retina buatan itu berhasil diuji pada tikus. Penelitian ini terus dilakukan sehingga menemukan formula agar retina implan itu bisa memperbaiki jaringannya sendiri apabila rusak.

4. Tato digital.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: futurism.com

Tato pada umumnya terbuat dari tinta yang ditanam dalam kulit. Nah, kini sudah ada tato digital dengan cahaya LED. Para ilmuwan menciptakan sebuah lembaran yang lekat dengan kulit. Lembaran itu dapat memancarkan tato digital bahkan bisa mendisplay detak jantung lho.

5. Organ yang tumbuh sendiri.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: theverge.com

Tranplantasi organ bukanlah hal mudah. Alih-alih transplantasi, peneliti kini telah menemukan suatu inovasi agar organ tumbuh sendiri. Sudah dilakukan uji coba menyuntikkan zat penumbuh organ pada tikus. Hasilnya, tikus bisa menumbuhkan sel-sel pankreasnya sendiri. Tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi pada manusia.

6. Robot nano yang masuk di tubuh manusia.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: litverse.com

Robot nano tidak hanya ada di film fiksi. Baru-baru ini ilmuwan dari Hong Kong mengembangkan robot nano skala 3D-cetak dengan sel, nikel, dan titanium dan berhasil digunakan untuk mengirimkan sel kanker ke lokasi tertentu pada tikus.

Tentu saja, tujuan akhirnya seharusnya menghilangkan kanker, tetapi bukan itu yang mereka uji. Mereka ingin melihat apakah bot dapat mengirimkan muatan ke lokasi yang tepat dan menggunakan sel kanker karena mereka yang paling mudah dilacak.

7. Transfer rasa makanan.

Internet kini sangat berguna untuk mengirim berbagai file. Bahkan kini sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Singapura berhasil mengirim rasa asam dari minuman lemon ke segelas air di lokasi lain.

Para peneliti bahkan meminta orang mengujinya. Meskipun sebagian besar mengakui bahwa rasa lemon virtual sedikit kurang asam daripada yang asli, para peserta sebagian besar dapat mengidentifikasi rasa.

8. Kulit elektronik yang bisa tumbuh sendiri.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: cnet.com

Kulit merupakan organ yang rentan robek dan cedera apabila terkena benda tumpul. Tentu saja jika sudah terluka, penyembuhannya akan sangat lama. Namun jangan khawatir, ilmuwan di Universitas Nasional Singapura baru-baru ini mengembangkan bahan penyembuhan diri yang meniru kulit ubur-ubur.

Kulit dapat memperbaiki dirinya sendiri dalam beberapa menit meskipun telah dipotong atau sobek. Sementara mereka yang memiliki pikiran yang lebih jahat bisa melihat penemuan ini sebagai langkah berikutnya untuk membangun robot seks yang realistis.

Penemuan ini juga dapat digunakan untuk membuat prostesis realistis, yang dapat dikombinasikan dengan mekanisme kontrol pemikiran yang disebutkan sebelumnya untuk membangun anggota tubuh buatan. Kulit elektronik ini juga tidak perlu diganti, karena bahan yang dipakai dapat menyembuhkan dirinya sendiri apabila terjadi kerusakan.

9. Alat pencetak makanan.

teknologi masa depan futuristik © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: nexter.org

Memasak bukanlah keahlian yang dimiliki banyak manusia modern. Nah, manusia modern kini tak perlu pusing jika tidak bisa memasak. Natural Machines, perusahaan percetakan makanan 3D mengaku sudah memiliki teknologi yang diperlukan untuk mencetak makanan seperti burger dan pizza dalam bentuk 3D.

Foodini, demikian sebutan mesin mereka, mampu mengambil bahan dan mengubahnya menjadi hidangan yang rasanya sama lezatnya dengan yang dibuat oleh orang-orang. Wow!