Brilio.net - Apakah kamu suka permainan catur? Tentu sudah biasa kalau kamu lihat 1 set catur dengan papan berwarna hitam dan putih serta biji catur yang begitu-begitu saja. Jarang menemui jenis 1 set catur yang berbeda kan?

Ternyata ada pula seniman yang membuat papan catur yang tak biasa lho! Mulai yang mengubah papan caturnya hingga mengubah biji caturnya. Tentu dengan sedikit perubahan akan membuat permainan catur itu menjadi berbeda. Penasaran?

Yuk, lihat 8 set catur antimainstream yang dilansir brilio.net dari boredbug.com, Senin (8/8).

1. Papan catur elektrik.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Loading...

Arsitek, konsultan desain, sekaligus pemain catur Brent Blake membuat satu set permainan catur menggunakan listrik. Ia menggunakan semua komponen listrik untuk membuat satu set papan catur yang lengkap.

Kotak bermainnya dibuat dari soket listrik hitam dan putih. Biji caturnya ia ganti dengan lampu dengan daya 7 watt untuk pion dan 11 watt untuk lainnya. Saat lampu itu dimakan oleh lawan, maka lampu itu akan disisihkan di tempat yang disediakan di pinggir yang tidak dialiri listrik sehingga lampu padam.

Wah, jadi sedikit berubah dong ya, cara mainnya?

2. Papan catur daur ulang.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Desainer Prancis Eric Claverie mendaur ulang barang-barang dari besi yang sudah tidak terpakai jadi papan catur antimainstream. Ia merangkai baut, sekrup, tabung, dan lain sebagainya menjadi biji catur yang berbeda-beda.

3. Papan catur Chessbot.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Joseph Larson membuat 1 set catur yang tak biasa. Ia membuat 1 set catur yang bisa membentuk robot. Biji catur bisa berubah menjadi kaki, tangan, tubuh, dan lain sebagainya. Joseph membuat proyeknya ini dengan menggunakan printer Makerbot Replicator 3D.

4. Papan catur 3D.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Prototipe yang dibuat Ji Lee ini lebih memfokuskan perubahan pada papan, bukan pada buah catur. Ia membuat dengan memotong kayu menjadi persegi dan persegi panjang kemudian dia rangkai menjadi ada bagian yang naik dan menurun. Dengan dibuat begitu, Ji Lee ingin memberikan sensasi pemain bisa melihat biji catur lawan yang benar-benar terjatuh.

5. Papan caur tesla.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Seniman Inggris Paul Fryer mengambil nama Nikola Tesla untuk 1 set caturnya. Dirancang untuk tur pameran 'The Art Of Chess' tahun 2009 lalu, 1 set papan catur ini dibuat bertenaga listrik dari bahan yang bernama limewood and ebony. Biji catur terbuat dari tabung yang kana menyala jika dicolokkan.

6. Amorphous Organic.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Seniman Alastair Mackie membuat 1 set catur dari koleksi di departemen paleontologi Natural History Museum di London. Koleksi yang digunakan mulai dari tawon, semut, belalang, dan kalajengking.

7. Skeleton Key Chess Set.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Dave Pickett membuat 1 set catur dengan menggunakan 32 kunci sebagai biji caturnya. Kunci itu dibedakan setiap setiap jenis biji caturnya.

8. Papak catur vertikal.

catur anti mainstream © 2016 brilio.net

Memainkan papan catur vertikal buatan Scott Williams tentu bakal sedikit berbeda dengan papan catur biasanya. Kalau biasanya biji caturnya bergerak ke depan atau ke belakang, kalau yang ini harus dimainkan ke atas atau ke bawah.