Brilio.net - Kamu pasti tahu dong kalau museum itu tempatnya untuk mempelajari sejarah. Karena itu nggak heran jika di museum selalu ditampilkan benda-benda peninggalan sejarah. Tapi ada lho sejumlah museum yang menyimpan benda-benda yang tidak akan pernah kamu temukan di museum pada umumnya. Apa ya?

Seperti dilansir brilio.net dari situs Boldsky, Kamis (4/5), benda-benda aneh yang dipamerkan di museum ini seperti jenis rambut, karya seni terburuk, bahkan kumpulan penis hewan. Kamu makin penasaran seperti apa ya museum-museum itu? Nih penampakannya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/5:

1. Museum toilet

Apakah kamu tertarik mengetahui sejarah toilet? Sulabh International, sebuah museum toilet di India ini memamerkan sejarah toilet yang telah digunakan dalam 4.500 tahun terakhir. Bahkan ada toilet yang dibuat sebagai rak buku, lho.

2. Museum penis

Dari namanya saja kamu sudah bisa membayangkan isi benda-benda yang dipamerkan. Ya, di Museum Phallological ini kamu bisa melihat berbagai jenis penis hewan. Bahkan museum yang terletak di Islandia tersebut memiliki koleksi lebih dari 215 penis hewan darat dan laut di dunia.

3. Museum of Bad Art (MOBA)

Museum ini didedikasikan untuk koleksi, pameran dan perayaan seni yang sangat buruk. Berkunjung ke museum di Inggris itu akan mendorong orang untuk membuat karya seni sendiri meski bukan seniman. Kalau kamu punya karya seni yang buruk boleh juga coba ditawarkan ke museum ini. Siapa tahu pengurusnya tertarik.  

4. Museum Kunstkamera

Museum ini memiliki konsep paling gila. Museum yang berada di Rusia tersebut memiliki koleksi benda-benda aneh seperti janin cacat hingga kepala manusia yang diawetkan.

Aneh-aneh ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Museum rambut

Ini adalah museum rambut yang paling aneh di dunia. Terletak di gua kecil dan gelap di Kanada. Museum Hair Avanos ini memiliki koleksi rambut yang dikumpulkan dari lebih 16.000 wanita di seluruh dunia. Anda tertarik melihatnya?

6. Museum purba

Museum ini didedikasikan untuk spesies dan artefak yang terkait dengan mitos dan makhluk zaman purba. Ketika berkunjung ke Museum Cryptozoology Internasional di Inggris ini, kamu dapat melihat sampel rambut bahkan kotoran dalam bentuk seni.

7. Museum alat penyiksaan

Seperti namanya, museum ini memiliki beragam koleksi lebih dari 100 alat penyiksaan. Beberapa instrumen cukup mudah dimengerti. Sedangkan beberapa lainnya mungkin mambuat kamu sedikit berpikir tentang kegunaannya karena bentuknya yang rumit.

8. Museum kawat berduri

Museum ini didedikasikan untuk kawat berduri. Unik bukan? Di dalam museum ini terdapat lebih dari 2.400 jenis yang mengeksplorasi peran kawat berduri pada zaman dahulu di Amerika Serikat.