Brilio.net - Kalau rajin belajar sejarah, tentunya kamu sudah tahu dong jika Indonesia pernah pindah ibu kota sebelum di Jakarta. Yap, keamanan Jakarta sempat terancam saat Belanda kembali datang ke Indonesia membonceng sekutu. Oleh karena itu, pada Januari 1946, ibu kota Indonesia resmi dipindahkan ke Yogyakarta.

Nah, ternyata tidak hanya Indonesia saja yang pernah memindahkan ibu kota. Dilansir brilio.net dari BBC, Selasa (9/8), terdapat 7 negara yang juga pernah berpindah ibu kota:

1. Nigeria.

Awalnya Nigeria menentukan ibu kotanya di Lagos. Namun untuk menghindari kepadatan penduduk, maka pusat pemerintahan pun dipindah ke Abuja pada tahun 1991.

2. Kazakhstan.

Pada tahun 1997, Pemerintah Kazakhtan memindahkan Ibu Kota dari Almaty ke Astana. Alasannya adalah Almaty merupakan pusat bisnis dan kota dengan populasi terbesar.

3. Pakistan.

Butuh waktu dua tahun untuk membangun Ibu Kota baru bagi Pakistan. Tahun 1959 Pakistan memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota dari Karachi ke Islamabad. Pembangunan Ibu Kota baru ini selesai tahun 1961.

4. Myanmar.

Myanmar yang tadinya beribu kota di Yangoon pada tahun 2005 lalu telah memindahkannya ke Naypyidaw. Ibu Kota baru ini terletak 320 kilometer dari utara dari Yangoon.

Kamu baru tahu fakta ini kan? KLIK NEXT untuk melihat negara yang pindah ibu kota lain.

2 dari 2 halaman

5. Tanzania.

Pada tahun 1980, Pemerintah Tanzania memindahkan Ibu Kota dari Dar es Salaam ke Dodoma. Walau begitu rencana tidak selalu mulus, karena masih banyak kantor kementerian yang menempati Ibu Kota lama.

6. Rusia.

Ibu Kota Rusia awalnya adalah kota St Petersburg, yang dulunya didirikan oleh Peter the Great tahun 1703. St Petersburg menjadi Ibu Kota Rusia pada tahun 1712 hingga 1918 sebelum akhirnya pindah ke Moscow.

7. Brasil.

Pasti banyak di antara kamu yang mengira Ibu Kota Brasil adalah Rio de Janeiro. Ups, ternyata Ibu Kota Brasil sudah resmi pindah sejak tahun 1960. Pusat pemerintahan Brasil telah dipindah ke kota bernama Brasilia yang didesain oleh arsitek, Oscar Niemeyer.