×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Masjid di Jogja dengan gaya arsitektur unik, ada mirip candi

View Image

0

BRILIO » Wow

7 Masjid di Jogja dengan gaya arsitektur unik, ada mirip candi

Menambah daya tarik Jogja sebagai kota destinasi wisata.

12 / 04 / 2019 23:59

Brilio.net - Masjid tidak hanya dimaknai sebagai tempat ibadah, melainkan juga bernilai sejarah serta karakter arsitekturnya. Desain yang nyaman dan penuh dengan makna membuat karakter setiap masjid menjadi kuat.

Tak hanya itu, desain masjid pun menjadi hal yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung di suatu kota tujuan wisata. Salah satu daerah yang terkenal dengan masjidnya adalah Yogyakarta. Sebagai tempat wisata sejarah yang mempunyai dua kerajaan besar di Yogyakarta, sangat berpengaruh terhadap bangunan masjid kala itu.

Tak cukup sampai di situ saja, Yogyakarta pun terkenal dengan masjid modern. Salah satunya ada yang bernuansa kristal. Nah, apa saja masjid dengan arsitektur terunik di Yogyakarta? Berikut ini brilio.net ulas dilansir dari berbagai sumber, Jumat (12/4).

1. Masjid Khadijah.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@winindaqkh

Masjid mempunyai arsitektur bergaya Iran dan Turki yang hiasi kaligrafi yang indah. Masjid yang terletak di SMA Budi Mulia Dua ini berhiaskan cermin di sekeliling dinding. Arsitektur dan interior yang unik semakin indah dengan padu padan warna biru dan kuning.

2. Masjid Gedhe Kauman.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @yahyaprtmaa

Masjid yang letaknya persis di sebelah barat alun-alun utara ini mempunyai arsitektur kuno. Masjid Gedhe memiliki tiga mustoko atau tiga lapis genting di bawah kubah. Selain itu, masjid tersebut mempunyai kolam, gapura yang khas, halaman yang luas dan tempat gamelan atau yang biasa disebut pagongan.

3. Masjid Gedhe Kotagede.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@a.sriwijayanti

Masjid peninggalan Mataram ini mempunyai gapura paduraksa dan tembok L yang unik. Bangunan ini disimbolkan sebagai apresiasi kepada masyarakat Hindu dan Buddha yang turut andil dalam pembangunan masjid. Masjid yang berbentuk limasan ini mempunyai mimbar kayu, bedug tua dan tugu yang bentuknya mirip candi.

4. Masjid Soko Tunggal.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ismilz_

Masjid ini hanya memiliki satu soko yang berarti penyangga. Desain ukiran yang menarik turut menghiasi dinding. Masjid ini terletak di Jalan Taman 1, Kecamatan Keraton, Yogyakarta.

5. Masjid Syuhada.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hushussein

Masjid ini mempunyai arsitektur yang bernilai tinggi. Masjid ini punya anak tangga sebanyak tujuh belas buah, empat buah kubah bawah dan lima kubah bagian bawah yang menghadap arah kiblat.

6. Masjid Gedhe Pakualaman.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@yahyaprtma

Masjid ini adalah warisan Kasultanan Keraton Sri Paku Alam I. Serambi masjid terdiri dari empat bagian. Masjid ini juga mmepunyai empat prasasti, terbagi menjadi dua prasasti berbahasa Jawa dan dua yang lain berbahasa Arab.

7. Masjid Kampus UGM.

arsitektur masjid jogja © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mhmd.alfariz

Arsitektur masjid kampus ini merupakan perpaduan Masjid Nabawi, kebudayaan Tionghoa, India dan Jawa. Masjid yang merupakan bekas kompleks Tionghoa ini, mempunyai sebuah kolam yang mirip dengan kolam yang ada di Taj Mahal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more