Brilio.net - Nggak hanya fashion dan makeup yang sering berubah trennya. Tanaman hias pun memiliki masa populernya masing-masing. Ya, kini banyak orang menggemari bercocok tanaman dan mengoleksi tanaman hias. Selain memperindah rumah, tanaman hias juga bisa membuat ruangan menjadi lebih asri.

Nah, bagi kamu yang mencintai tanaman hias tentu saja nggak asing dengan monstera. Jenis tanaman ini tengah digemari dan diburu banyak kalangan. Diketahui tanaman jenis philodendron ini masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae).

Nama monstera diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Meski kebanyakan memiliki ciri khas berlubang, ada juga yang tidak berlubang. Ya, tanaman yang super unik ini memiliki jenis yang beragam loh.

Buat kamu yang belum mengetahui apa saja jenis monstera, yuk simak berikut ulasan brilio.net yang dilansir dari berbagai sumber, tujuh jenis monstera untuk hiasan rumah yang unik dan populer, pada Rabu (18/11).

1. Monstera deliciosa.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

Loading...

foto: Instagram/@tanamanstore

Monstera deliciosa menjadi salah satu jenis yang paling terkenal dan banyak dicari. Monstera jenis ini bisa tumbuh subur di temperatur 20-30 derajat Celcius, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Karakteristiknya memiliki daun yang lebar, dengan motif sobekan yang memanjang dari tulang daun dan menganga hingga tepi.

Umumnya semakin tua tanaman ini maka warna hijau pada daunnya semakin pekat. Tanaman ini bisa ditanam di tanah, dan tumbuh dengan merambat atau menjalar. Tapi, monstera juga tumbuh subur di pot maupun di dalam vas yang hanya ditambah air.

2. Monstera borsigiana.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@dbloomroom_

Monstera borsigiana ini sangat mirip dengan monstera deliciosa. Yang membedakan hanya lubang di daunnya lebih jarang dan ukuran batangnya lebih kecil, serta bulat. Batang monstera borsigiana juga lebih lunak dibandingkan monstera deliciosa. Tanaman yang cocok dipajang di teras ini daunnya cenderung menjuntai dan ukurannya tidak terlalu besar.

3. Monstera adansonii.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@plantways

Tak seperti monstera deliciosa dan borsigiana, lubang-lubang pada monstera adansonii hanya di permukaan tengahnya saja. Jadi tak sampai sobek-sobek yang membentuk jari-jari pada pinggir daun. Dilihat dari ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

Dalam pertumbuhannya, batang tanaman monstera adansonii ini tidak terlalu kaku sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai tanaman gantung yang menjuntai. Selain itu, jenis monstera ini juga dapat tumbuh merambat.

4. Monstera variegata.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@akhilham

Selanjutnya ada jenis monstera variegata yang harganya terbilang mahal dibandingkan jenis lainnya. Sebab tanaman ini jarang dijual di pasaran. Warna daunnya unik, perpaduan hijau dan putihnya menghasilkan kontras yang apik. Bahkan, ada jenis monstera variegata yang hampir seluruh daunnya berwarna putih. Ada pula yang setengah hijau dan setengah putih.

Bentuk daun dan motif sobekannya mirip jenis deliciosa, namun ukurannya lebih kecil. Pucuk daunnya pun cenderung tumpul, seperti jenis borsigiana.

5. Monstera obliqua.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@littlegardenn_

Monstera obliqua, hampir mirip dengan monstera adansonii yang memiliki lubang pada permukaan daunnya. Bedanya yakni lubang pada jenis obliqua lebih besar ketimbang adansonii. Serta tekstur daunnya lebih tipis dan lembut. Ukurannya juga relatif kecil dan mungil, cocok dijadikan hiasan meja tamu atau meja kerja. Namun, monstera jenis ini sangat jarang dijual.

6. Monstera dubia.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@craigmilran

Nah, jika kamu menyukai monstera yang tidak berlubang di permukaan daunnya, maka monstera dubia bisa jadi pilihan. Memiliki karakteristik ukuran daunnya yang kecil dan biasanya tidak berlubang. Namun, tulang daunnya terlihat jelas di permukaan daunnya.

Bisa dikatakan daun tanaman ini mirip seperti daun sirih, namun bentuknya cenderung bundar. Serta motif daunnya gradasi antara hijau dan putih. Biasanya monstera dubia dibiarkan merambat di media tanam yang berbentuk papan.

7. Monstera siltepecana.

Jenis monstera untuk hiasan rumah © 2020 brilio.net/ Instagram

foto: Instagram/@nancyplants

Monstera siltepecana sebenarnya memiliki ciri-ciri seperti monstera dubia. Hanya saja bentuk monstera siltepecana lebih memanjang sehingga menyerupai oval yang ujungnya mengerucut. Jenis tanaman yang tumbuh merambat ini sering disebut silver monstera karena bagian tengah daunnya berwarna perak. Sementara, tulang dan pinggirannya tetap berwarna hijau.