Brilio.net - Beberapa waktu belakangan, media tengah diramaikan tentang dukungan untuk pesawat R80. Seperti yang kita ketahui, presiden ketiga Republik Indonesia B. J. Habibie dikenal sosok yang banyak berjasa di bidang kedirgantaraan baik Indonesia maupun dunia. Kiprahnya di dunia dirgantara telah diakui di kancah internasional, dan kini presiden yang dikenal romantis ini tiba-tiba memberikan kejutan kembali.

B. J. Habibie sekaligus Chairman dari Regio Aviasi Industri (RAI) membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari pengembangan pesawat R80. Masyarakat bisa berkontribusi lewat pengumpulan dana melalui kitabisa.com. Sebelumnya, Indonesia sudah pernah melakukan penggalangan dana untuk membeli pesawat Dakota RI-001 yang menjadi pesawat pertama milik Indonesia.

Hingga kini, Jumat (3/11) pukul 17.30 WIB, dana yang terkumpul mencapai Rp 4.458.479.007 dari 11.793 donatur. Nah dari pengumpulan dana pesawat R80 ini ternyata ada beberapa fakta tak terduga lho. Penasaran apa saja? Yuk simak 7 fakta terduga pengumpulan dana pesawat R80 yang brilio.net rangkum dari kitabisa.com, Jumat (3/11).

1. Terinspirasi patungan beli pesawat Dakota RI-001 Seulawah.

fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Loading...

Pengumpulan dana untuk pesawat R80 lewat kitabisa.com ini ternyata terinspirasi dari zaman pasca kemerdekaan. Ya, pesawat angkut pertama milik Indonesia yakni Dakota RI-001 Seulawah dibeli dari sumbangan rakyat Aceh. Jadi, bangsa Indonesia sejak zaman dulu sudah pernah melakukan pengumpulan dana untuk beli pesawat dari luar negeri. Dan kini, kita kembali melakukan hal yang sama untuk pesawat R80 buatan anak negeri.

2. Crowdfunding bukan tentang jumlah donasi, tetapi bukti dukungan.

Total biaya pembuatan prototype pesawat R80 ini menghabiskan dana mencapai Rp 200 miliar. Sementara itu, untuk keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai kurang lebih Rp 20 triliun. Uang sebanyak itu kini sedang digalang baik secara langsung melalui investment banker, maupun dicarikan oleh pemerintah Indonesia yakni BAPPENAS.

fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Crowdfunding atau patungan publik bukan semata jumlah donasi, melainkan bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia. Nantinya setiap dukungan ini kemungkinan akan memberikan kesempatan PT RAI mendapat investasi serta dukungan pemerintah. Selain bisa donasi secara individu, masyarakat juga bisa memberikan kontribusi atas nama komunitas/paguyuban/organisasi.

3. Foto donatur di badan pesawat R80.fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Siapa yang nggak pengen fotonya terpampang di badan pesawat? Semua orang bisa melihat foto kita di alat transportasi udara ini, apalagi pesawat R80 merupakan pesawat buatan Indonesia pertama karya anak bangsa. Kamu pengen fotomu terpampang di badan pesawat R80 ini? Caranya dengan mendonasikan dana minimal Rp 100 ribu, foto kamu akan ditampilkan di badan pesawat R80.

4. Foto di badan pesawat R80 dan T-Shirt.fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Nggak cuma foto muncul di badan pesawat lho, kalau kamu donasi minimal Rp 200 ribu bisa dapat T-shirt eksklusif dengan desain bendera merah putih dan pesawat. Kurang keren apalagi coba? Selain ikut mendukung pesawat R80 terbang tinggi, fotomu bisa terpampang sekaligus dapat kaus kece.

5. Foto di badan pesawat R80 dan hoodie.

fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Nggak cuma fotomu muncul di badan pesawat dan kaus eksklusif saja. Kalau kamu berniat mendonasikan danamu minimal Rp 300 ribu, selain fotomu tampil di badan pesawat juga bisa mendapatkan hoodie kece dengan gambar pesawat R80, lho.

6. Foto di badan pesawat R80 dan jaket bomber.

fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Nih, bagi kamu yang memang suka OOTD-an, nggak ada salahnya juga mendonasikan uangmu biar penampilan makin eksklusif. Dengan memberikan dukungan minimal Rp 700 ribu, selain fotomu muncul di badan pesawat juga bisa dapat jaket bomber dengan desain pesawat R80 yang stylish banget.

7. Share ke media sosial setara donasi Rp 250 ribu.

fakta pengumpulan dana pesawat r80  © 2017 berbagai sumber

Saat kamu membuka laman pengumpulan dana pesawat R80 di kitabisa.com, akan ada muncul pop-up untuk membagikannya ke Facebook. Dalam pop-up itu dikatakan kalau faktanya 70% donatur berasal dari link yang disebar pada media sosial. Dengan membagikan link ini ke Facebook setara dengan mendonasikan uangmu senilai Rp 250 ribu lho.