Brilio.net - Saat nongkrong di cafe bersama teman atau pacar kamu, dan bingung mau pesan apa, pasti kamu langsung memilih untuk memesan kentang goreng. Benar, nggak? Selain nunggunya nggak lama, kentang goreng juga bisa jadi camilan enak teman ngobrol yang habisnya lama dan bisa dinikmati bersama-sama yang lain.

Biasanya dicocol dengan menggunakan saus pedas, saus tomat, dan ada pula yang menyantap kentang goreng ini dengan mayonaise, tergantung selera masing-masing.

Tapi, tahu nggak sih kamu tentang fakta-fakta di balik kentang goreng? Ternyata kentang goreng punya fakta-fakta unik yang tak banyak orang tahu, lho. Penasaran? Nah, ini dia fakta-fakta di balik camilan kentang goreng yang hits itu, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (12/4).


1. Kentang goreng McDonald disemprot larutan gula dulu lho sebelum digoreng.

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: newzbuzz.com


Tahu nggak sih kamu, kalau kentang goreng di McDonald atau di Burger King disemprot larutan gula dulu sebelumnya? Ternyata, kentang goreng McDonald dan Burger King disemprot larutan gula dulu lho sebelum dikemas dan dikirim ke berbagai lokasi waralaba. Mengapa demikian? Sebab, hal tersebut akan menghasilkan warna emas melalui karamelisasi gula ketika digoreng. Tanpa larutan gula, warna bagian luar kentang goreng akan sama seperti warna bagian dalamnya setelah digoreng.


2. Kentang goreng McDonald ternyata digoreng sampai dua kali, lho!

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: dailymail.co.uk


Usut punya usut, McDonald rupanya menggoreng kentangnya hingga dua kali lho, sehingga memerlukan waktu 15 hingga 20 menit. Urutannya, sekali untuk memasak bagian dalamnya, dan sekali lagi untuk membuat ekstra renyah di luarnya. Pantesan kentang gorengnya selalu enak dan tiada duanya, ya.


3. Nggak cuma di film The Martian, kentang pernah ditanam di luar angkasa beneran, lho!

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: personal.psu.edu


Jadi, kentang rupanya pernah ditanam di luar angkasa pada tahun 1995, lho. Menggunakan media kapal ulang alik Columbia. Kentang inilah yang jadi sumber makanan utama astronot di sana, guys. Nggak cuma di film The Martian saja, kan? Hehe...


4. Kentang goreng pertama kali disajikan oleh Presiden Amerika Serikat, lho!

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: nurulhedayat.blogspot.com


Jadi, pertama kali menu kentang goreng disajikan ternyata di Amerika Serikat, dan diperkenalkan pertama kalinya oleh Presiden Amerika Serikat Thomas Jefferson pada tahun 1801. Wow!


5. Nah, kalau kentangnya sendiri sudah ada sejak Suku Inca hidup lho, guys!

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: locallygrown.net


Kalau menu kentang gorengnya pertama kali ada tahun 1801, tanaman kentangnya sendiri sudah ada sejak Suku Inca hidup, lho. Ternyata, kentang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman sayur ini diperkenalkan oleh bangsa Spanyol sampai akhirnya meluas dan terkenal sebagai tanaman khas Irlandia. Selain itu, masyarakat Suku Inca juga sudah menanam kentang sejak tahun 200 sebelum masehi.


6. Belgia jadi negara pengonsumsi kentang goreng terbesar di Eropa

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: nydailynews.com


Walaupun negara Belgia bukan penemu kentang goreng, namun menurut survey, saat ini mereka mengonsumsi kentang goreng per kapita paling banyak dari negara manapun di Eropa, lho.


7. Kenapa kentang goreng disebut French Fries?

Fakta Kentang Goreng © 2016 brilio.net foto: belgianfries.com


Jadi, saat Presiden Amerika Thomas Jefferson pada tahun 1802 meminta koki Gedung Putih asal Prancis, Honoré Julien, membuat kentang yang disajikan ala Prancis untuk pesta makan malam, ia menggambarkan sajian ini sebagai kentang yang digoreng secara deep frying dengan potongan kecil. Nah, dari sanalah awal penyebutan kentang goreng yang dipotong kecil-kecil sebagai “French Fries”.