Brilio.net - Menerapkan pembatasan fisik dalam setiap aktivitas tentu jadi tantangan tersendiri. Alhasil wabah pandemi corona ini pun kemudian melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru atau normal baru (new normal) di tengah masyarakat Indonesia.
 
Kebiasaan ini muncul untuk mengakali masa sulit menjadi lebih baik. Sebut saja seperti sekolah atau kuliah online, rapat via video conference, spot cuci tangan di tempat umum, dan masih banyak lagi.
 
Bukan hanya itu, masih banyak new normal yang bermunculan sebagai cara hidup baru setelah adanya pandemi corona. Beberapa di antaranya bahkan jadi tren yang diikuti banyak orang.
 
Seperti enam normal baru berikut ini yang membuktikan betapa kreatifnya orang Indonesia. Yuk langsung cek, sebagaimana sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/5).

 
1. Sedekah drive thru.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: shutterstock.com


 
Pandemi corona yang hingga kini belum pergi dari Indonesia membuat suasana Ramadhan jadi berbeda. Begitu pun dengan kegiatan bersedekah yang biasanya kian gencar dilakukan saat Ramadhan.
 
Agar tetap bisa menerapkan pembatasan fisik, sekarang cara bersedekah dilakukan secara drive thru di spot-spot tertentu. Jadi, kamu tetap bisa memberi donasi secara langsung tanpa harus mengancam kesehatan diri di masa pandemi.


2. Jual sayur berbasis online.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: shutterstock.com


 
Pandemi corona juga menuntut semua dilakukan secara online. Tak terkecuali urusan rumah tangga seperti membeli sayur mayur dan kebutuhan pangan sehari-hari lainnya.

Dengan bantuan teknologi, kini banyak bermunculan toko sayur berbasis online. Mulai dari aplikasi hingga lewat media sosial. Kebiasaan baru ini tentu memudahkan dan memberi keamanan pada masyarakat yang biasanya harus ke pasar untuk membeli sayur.


3. Pemotretan virtual.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: shutterstock.com


 
Beberapa waktu terakhir, pemotretan virtual jadi tren di kalangan seleb Tanah Air. Cara kreatif memaksimalkan teknologi di masa sulit ini diawali beberapa fotografer ternama Indonesia pada pertengahan April lalu.
 
Sejak saat itu, pemotretan yang dilakukan lewat video call ini telah diikuti banyak orang dari berbagai kalangan. Nggak cuma kreatif, lewat pemotretan virtual kamu juga tetap bisa produktif di tengah pandemi.
 
 
4. Konser virtual.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: shutterstock.com


 
Sebelum pemotretan virtual, sudah ada konser virtual yang jadi normal baru saat pandemi mulai masuk ke Indonesia. Memanfaatkan kemajuan teknologi, para musisi Tanah Air kini bisa dengan mudah melakukan konser walau hanya di rumah saja. Bahkan, banyak musisi yang kemudian berkolaborasi menciptakan konser unik untuk menghibur penggemarnya.   
 
 
5. Masker fashionable.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: shutterstock.com


 
Menggunakan masker saat ke luar rumah sudah jadi kebiasaan baru masyarakat sehari-hari. Meski bermasker, kamu masih tetap bisa tampil fashionable lho. Sebab, banyak desainer Tanah Air yang telah berkreasi membuat desain masker yang keren dan menarik. Ini sekaligus membuktikan bahwa masa sulit bukan halangan untuk tetap berkarya, bahkan bisa melahirkan ide-ide baru yang kreatif.
 
 
6. Pintarisme.

6 Normal baru saat pandemi © 2020 brilio.net

foto: Sido Muncul



Pintarisme merupakan cara pintar untuk bersikap, mencari celah kesempatan, dan tetap kreatif dalam menghadapi masalah dalam hidup. Kebiasaan baru ini lahir sebagai bentuk adaptasi di tengah kondisi pandemi yang tak menentu. Selain itu, pintarisme juga membawa semangat untuk saling bantu sesama melawan virus corona Covid-19.

Semangat saling bantu ini sejalan dengan gerakan positif Pintarisme itu BERSATU yang diinisiasi Tolak Angin guna membantu tenaga kesehatan. Lewat gerakan ini kamu bisa mendukung perjuangan para petugas di garda terdepan.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan hasil donasi dari Pintarisme BERSATU, tunggu saja pengumuman resmi selanjutnya di situs www.tolakangin.co.id ya.

Tetap semangat dan jaga kesehatan, Sobat Brilio!